0

0

0

share


#TipsTrik#TipsMemilihLaptopuntukProgramming2023#laptopprogrammer#laptopforprogrammer

Reactions0 Reactions

0 Komentar

Tips Memilih Laptop untuk Programming 2023

Profile

Goo12 Juli 2023

Tips Memilih Laptop untuk Programming 2023

Hai Coders! memiliki sebuah laptop yang tepat merupakan suatu kebutuhan yang penting sebagai programmer masa depan maupun bagi yang telah bekerja sebagai programmer. Laptop yang tepat tidak hanya akan mendukung kegiatan akademik, tetapi juga memastikan kenyamanan dalam menjalankan tugas serta proyek yang melibatkan pengembangan perangkat lunak. Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan membahas panduan dalam memilih spesifikasi laptop yang ideal.

Secara umum, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, yaitu :

  • Portabilitas & Baterai
  • Resolusi layar
  • Kecepatan CPU
  • Jumlah memori (RAM)
  • Kapasitas Penyimpanan
  • Sistem Operasi
  • Kartu Grafis

Langsung saja, mari kita bahas satu persatu.

  1. Portabilitas dan Baterai

Anda mungkin perlu membawa laptop ke kelas, ruang kuliah, atau lokasi lainnya. Pertimbangkanlah faktor portabilitas dan daya tahan baterai. Disarankan untuk memilih laptop yang ringan untuk memudahkan mobilitas dan penggunaan di berbagai tempat. Laptop dengan berat di bawah 2 kilogram lebih nyaman untuk dibawa dalam tas atau ransel. Selain itu, pastikan laptop memiliki daya tahan baterai yang cukup untuk bekerja dalam perjalanan tanpa perlu sering mencari sumber listrik. Sebaiknya pilih laptop yang memiliki daya tahan baterai minimal 6 hingga 8 jam untuk mendukung produktivitas selama satu hari.

  1. Resolusi Layar

Pada saat coding, penting untuk memiliki laptop dengan tampilan yang jelas dan berkualitas. Hal ini karena sebagian besar waktu akan dipakai melihat ke layar. Disarankan memilih laptop dengan layar berukuran 14 hingga 15,6 inci. Resolusi layar Full HD (1920 x 1080 piksel) akan memberikan tampilan yang jelas dan tajam untuk bekerja dengan teks dan antarmuka pengembangan. Layar dengan resolusi tinggi akan memberikan pengalaman visual yang lebih baik. Namun perlu diingat, jangan terlalu memaksakan diri jika dana memang tidak mencukupi, layar 1366 x 768 pun sebetulnya sudah cukup. Multitasking pun masih bisa dilakukan, namun cukup terbatas. Tekan ALT + TAB untuk berpindah dari satu jendela program yang sedang aktif ke program lainnya.

  1. Kecepatan CPU

Salah satu komponen terpenting yang harus dipertimbangkan adalah prosesor. Pada saat coding, seringkali membutuhkan kekuatan pemrosesan yang tinggi untuk menjalankan perangkat lunak seperti IDE (Integrated Development Environment) dan kompiler. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih laptop dengan prosesor yang kuat, seperti Intel Core i5 atau i7 dan AMD Ryzen 5 atau 7. Prosesor dengan kecepatan clock yang tinggi dan kemampuan multithreading akan mempercepat waktu kompilasi dan eksekusi program.

Namun, apabila memiliki dana terbatas, prosesor Intel Core i3 juga bisa dipakai jika kebutuhannya hanya untuk melakukan web programming.

  1. Jumlah Memori (RAM)

RAM (Random Access Memory) adalah faktor penting dalam kinerja laptop saat menjalankan banyak aplikasi atau proses secara bersamaan. Disarankan untuk memilih laptop dengan besar RAM minimal 8 GB, meskipun 16 GB akan lebih baik. Dengan RAM yang cukup, Anda dapat menjalankan lingkungan pengembangan yang membutuhkan sumber daya tinggi tanpa mengalami penurunan kinerja yang signifikan.

Kebanyakan RAM laptop terdiri dari dua slot, sehingga proses upgrade-nya menjadi lebih mudah dan murah. Banyak yang memanfaatkan hal tersebut untuk menghemat biaya. Dengan dana yang terbatas, Anda dapat membeli laptop dengan RAM 4 GB lalu kemudian ditambah lagi dengan RAM 4 GB sehingga ukurannya menjadi 8 GB.

  1. Kapasitas Penyimpanan

Untuk kecepatan dan efisiensi, disarankan memilih laptop dengan penyimpanan Solid State Drive (SSD). SSD memberikan akses data yang lebih cepat dibandingkan dengan hard disk drive (HDD). Hal ini mempengaruhi waktu booting sistem operasi, kecepatan loading aplikasi, dan waktu kompilasi yang lebih singkat. Disarankan juga untuk memilih laptop dengan kapasitas SSD minimal 256GB agar memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk proyek-proyek pengembangan perangkat lunak.

  1. Sistem Operasi

Ada tiga sistem operasi yang umum digunakan, yaitu: Linux, Windows, dan macOS. Pilihlah laptop dengan sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Linux cocok untuk pengembangan perangkat lunak karena ringan, dapat digunakan secara gratis, stabil dan fleksibel. Sementara itu, Windows mudah untuk digunakan, banyak perangkat lunak dan driver yang kompatible, Windows juga cocok untuk gaming karena terdapat banyak pilihan game yang menarik. MacOS cocok bagi Anda yang menekuni bidang kreatif karena menawarkan performa yang maksimal dan minim dari serangan virus karena tingkat keamanan yang kuat. Jika Anda merupakan mahasiswa cyber security, disarankan untuk menggunakan Linux.

  1. Kartu Grafis

Kartu grafis dapat menjadi salah satu pertimbangan jika Anda melakukan pekerjaan berat dalam pemrosesan grafis, seperti desain grafis dan pengembangan game. Pilihlah laptop dengan kartu grafis diskrit, seperti NVIDIA GeForce atau AMD Radeon.

Kesimpulan

Memilih laptop yang tepat bagi seorang programmer adalah langkah penting untuk mendukung keberhasilan akademik dan produktivitas. Dalam memilih laptop, pertimbangkan kekuatan pemrosesan, kapasitas penyimpanan, RAM, kartu grafis, kualitas layar, portabilitas, dan daya tahan baterai. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, Anda dapat memastikan bahwa laptop Anda akan dapat memenuhi kebutuhan sekarang maupun di masa depan.

Semoga bermanfaat.