Ulasan Event ID Android TechTalk Series #3 di OLX

Yana Permana 30 Maret 2016

Ulasan Event ID Android TechTalk Series #3 di OLX

Hai, apa kabar pengembang Android di seluruh Indonesia? Kemarin acara ID Android #3 telah berlangsung lho. Tema umum yang disuguhkan adalah tentang konektivitas dan arsitektur dalam pengembangan aplikasi Android. Hmm, apa saja sih teknik-teknik pengembangan aplikasi Android yang dibawakan oleh pembicara? Yuk, simak ulasannya dibawah ini.

Sesi pertama ada Faren, seorang Senior Android Engineer di Happy Fresh yang membawakan materi Android Network Connectivity with Awesome Network Library.

Faren mulai mempresentasikan materinya dengan membahas cara lama konektivitas protokol HTTP dan konverter JSON pada pengembangan aplikasi Android. Faren kemudian mengupas berbagai library yang bisa menggantikan cara lama dengan cara yang lebih baru dan mudah. Library yang digunakan diantaranya: Retrofit untuk konektivitas jaringan, Picasso untuk pengunduhan gambar dan handler cache, RoboSpice untuk fungsi Asinkron, Lombok, RetroLambda dan masih banyak lagi.

Namun library yang menjadi topik utama dalam presentasi ini adalah Retrofit yang mampu menyuguhkan berbagai fitur yaitu Model (POJO), Layanan antarmuka, Adapter/Call, dan Konverter seperti GSON. Setelah menjelaskan panjang lebar, Faren melakukan demonstrasi penggunaan Retrofit dalam pengembangan aplikasi Android.

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=DMUixvtEq5s[/embed]

Sesi kedua ada Fandy Gaotama yang membawakan Model Arsitektur Android. Fandy mulai mengupas materi ini dengan segi keamanan arsitektur aplikasi Android yang baik. Mulai dari anjuran penggunaan HTTPS, dan versi TLS yang sesuai dengan API Android masing-masing, dan masih banyak lagi. Berbagai implementasi pengamanan API disuguhkan oleh Fandy dengan berbagai cara yakni OAuth, HTTP Auth,  dan API Key.

Fandy juga menyarankan agar tidak membangun custom HTTP sendiri dan menyarankan agar menggunakan Jackson untuk melakukan parsing data JSON ke POJO serta siklus fragmen dan activity aplikasi Android. Model arsitektur yang dikenalkan Fandy pada materi ini adalahModel Arsitektur MVP. Didalamnya ada penggunaan pattern repository, enkapsulasi sekumpulan objek ke dalam data penyimpanan, dan one-way depedensi.

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=CfrlK_hULWk[/embed]

Sesi selanjutnya ada Andrew Kurniadi seorang Google Developer Expert yang membawakan Job Manager dan Scheduler.

Andrew mulai mengupas Job Manager dan Scheduler dengan menjelaskan berbagai keuntungan diantaranya:

  • Penghematan baterai
  • Mengatasi jaringan yang tidak stabil
  • Bertahan dari aplikasi restart
Andrew juga menjelaskan task yang cocok yang bisa digunakan untuk job scheduler, ciri-cirinya yaitu:
  • Tidak mempunyai UI
  • Butuh akses ke jaraingan atau Wi-Fi
  • Bisa dijalankan bersamaan
  • Timing tidak penting
  • Device dalam keadaan charging
Andrew juga mengupas library yang bisa digunakan untuk Job Manager dan Scheduler yaitu: Android Job, dan GCM Network Manager. Kemudian Andrew mendemonstrasikan penggunaan Job Manager dan Scheduler pada laptopnya.

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=GIq2OSEvPEk[/embed]

Sesi selanjutnya ada Parlinggoman Hasibuan atau yang biasa dipanggil Goman. Goman seorang Data Scientist dan Android Developer. Goman membawakan materi Network Connectivity Testing.

Goman mulai mengupas materinya mulai dari penggunaan dasar unit test yang benar dan unit test networking yang berguna untuk menguji jaringan. Pengujian yang dilakukan diantaranya Integration Test, Acceptance Test dan lain-lain. Beberapa library yang Goman kenalkan pada sesi ini diantaranya: Robotium dan Espresso. Tak ketinggalan, ia juga melakukan demonstrasi penggunaannya.

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=jw_eBfFYGBY[/embed]

Bagaimana? Keren-keren bukan? Itulah keseruan acara ID Android #3 yang telah digelar di OLX. Hmm, jangan sampai ketinggalan acara ID Android selanjutnya. Banyak topik-topik keren dan sangat menambah wawasan untuk menggunakan cara yang baru dan lebih mudah dalam mengembangkan aplikasi Android. Tertarik mengunjungi acara ID Android lagi? Kunjungi artikel event ID Android #4.

(yp)