Upterm, Terminal dengan Fitur Autocomplete Paling Keren

Bagus Aji Santoso 22 September 2017

Upterm, Terminal dengan Fitur Autocomplete Paling Keren

Upterm (dulu bernama Black Screen) merupakan aplikasi terminal emulator dan sebuah interactive shell yang dibuat dengan Electron. Fitur utama yang ditawarkan oleh Upterm adalah menampilkan kotak autocompletion saat kita mengetik perintah lalu menawarkan opsi lanjutan dari perintah yang diketikkan. Jika pembaca terbiasa menggunakan IDE seperti Android Studio, Eclipse, Netbeans, atau yang semacamnya, fitur ini mirip dengan yang ada di aplikasi-aplikasi tersebut.

Image

Fitur autocomplete sebetulnya sudah ada di hampir setiap shell atau terminal emulator, namun baru kali ini penulis menemukan sebuah aplikasi terminal yang dapat memberikan saran autocomplete layaknya sebuah IDE melalui kotak saran.

Upterm memang belum mendukung semua jenis aplikasi terminal. Namun, beberapa aplikasi yang sering dipakai developer seperti git, npm, top, dkk. sudah memiliki sudah didukung oleh Upterm. Karena sebuah gambar bisa mewakili 1000 kata-kata, berikut ini beberapa tangkapan layar dari Upterm untuk menunjukkan kemampuannya:

Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Memasang Upterm

Upterm dapat dipasang di sistem operasi macOS dan Linux. Dukungan untuk sistem operasi Windows saat ini secara resmi belum tersedia karena masih ada beberapa masalah.

MacOS

Untuk memasang Upterm di macOS, jalankan perintah:

brew cask install upterm

Hati-hati bahwa versi Homebrew mungkin tertinggal dengan versi aslinya, kunjungi halaman releases untuk mengunduh versi yang paling baru.

Linux

Untuk pengguna Arch Linux gunakan perintah:

yaourt -S upterm

Untuk distro lain silahkan kunjungi halaman releases.

Penutup

Kunjungi halaman resmi Upterm di GitHub.