Woolim, Tablet Android Korea Utara Yang Serba Terbatas

faisal lutfi 10 Februari 2017

Woolim, Tablet Android Korea Utara Yang Serba Terbatas

Korea Utara, meluncurkan sebuah tablet Android yang bernama Woolim. Perangkat Android ini telah dibuat untuk memenuhi semua standar totaliter pada pemerintahan korea utara. Sebenarnya, Woolim dibuat pabrikan Cina, tetapi Korea Utara memodifikasikan perangkat tersebut sehingga menjadi praktis, dan pengguna tidak bisa membuka media atau file yang mengandung hal-hal negatif.

Image

Apa keistimewaan dari tablet android woolim ?

Keistimewaan dari tablet Android Woolim, yaitu bahwa dalam pembuatannya telah menghapus wi-fi dan chip bluetooth agar tidak bisa digunakan, menghentikan/tidak adanya komunikasi bebas oleh si pengguna. Woolim juga sekaligus menjadi sarana propaganda buat pemerintah Korea utara. Bagi menggunakan tablet Android tersebut akan mendapat beragam pesan-pesan dari pemerintah baik lewat tayangan TV dan internet pemerintah Korea Utara yang diakses lewat kabel.

Baca juga: Red Star OS, Distro Linux Penuh Pengawasan Milik Korea Utara

Pemerintah Korea Utara dapat mengetahui aktivitas yang dilakukan para pengguna Woolim, karena setiap waktu Woolim akan langsung mengetahui dengan cara mengambil screenshot, gambar tersebut tidak bisa dihapus oleh penggunanya.

northkorea

Bagaimana keadaan akses internet di Korea Utara ?

Korea Utara adalah negara yang dikenal sebagai negara tertutup. Penyebabnya karena takut warganya akan bisa mengakses internet dan terhubung dengan dunia luar atau bisa juga dapat berkomunikasi bebas. Sebenarnya, Korea Utara juga mempunyai akses internet, tetapi haya digunakan oleh orang-orang tertentu dan kebanyakan untuk keperluan tujuan pemerintahan. Warga Korea Utara diberi koneksi internet yang bernama Kwangmyong (jaringan internet Korea Utara). Kwangmyong hanya bisa mengakses situs-situs yang telah lulus sensor oleh pemerinah, yang bisa memakai kwangmyong orang-orang tertentu yang bisa menggunakan komputer.

Baca juga: Situs Jejaring Sosial Mirip Facebook Muncul dari Korea Utara

Internet Global

Korea Utara juga mempunyai akses internet global, pemakai akses internet global adalah orang-orang elit, kebanyakan yang menggunakan akses internet tersebut pejabat tinggi pemerintah, Korea Utara juga mempunyai kantor/dapartemen yang sangat tergantung pada akses internet global.

Sumber referensi :

  1. After Creating Worst Linux Distro, North Korea Makes Android Tablet That’s Built To Spy
  2. Woolim, Android Aneh Banget dari Korea Utara, Fitur-fiturnya Dimatikan, Cuma Bisa Buat Beginian