Xamarin Bergabung dengan Microsoft di Tahun 2016

Ridwan Fajar 13 Maret 2016

Xamarin Bergabung dengan Microsoft di Tahun 2016

Siapa yang tidak tahu Xamarin? sebuah platform pengembangan aplikasi mobile yang dapat membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman C# ini mampu menghasilkan aplikasi untuk iOS dan Android tanpa harus menulis ulang kode aplikasi. Xamarin yang turut andil besar dalam pasar pengembangan aplikasi mobile kini bergabung dengan Microsoft dalam rangka untuk melebarkan sayap bagi para developer dalam menghasilkan aplikasi mobile dengan jangkauan yang lebih luas didukung dengan kekuatan tools terbaik, platform terbuka, dan layanan cloud terpadu.

Mengutip dari berita yang dikirimkan Microsoft di blog resminya, Xamarin telah menandatangani kontrak dengan Microsoft untuk bergabung dalam pasar pengembangan aplikasi mobile. Dengan dipadukan bersama Visual Studio, Xamarin menyediakan rich mobile development yang membuat developer dapat membangun aplikasi mobile dengan C# dan menghasilkan aplikasi mobile dengan experience nyaris native untuk iOS, Android, dan Windows. Dengan keberhasilan Xamarin selama empat tahun lebih, Xamarin dapat membawa .NET framework untuk digunakan lebih luas dalam pengembangan aplikasi untuk ketiga platform utama tersebut.

Xamarin mempunyai lebih dari 15000 pengguna di 120 negara berbeda, termasuk di dalamnya ada 500 perusahaan dan lebih dari 1,3 juta developer yang menggunakan solusi mereka. Perusahaan papan atas seperti Alaska Airlines, Coca-Cola Bottling, Thermo Fisher, Honeywell, dan Jetblue menggunakan Xamarin. Begitu juga perusahaan game seperti SuperGiant Games dan Gummy Drop. Melalui Xamarin Test Cloud, semua pengembang aplikasi mobile yang menggunakan C#, Objective-C, Java, dan Hybrid App dapat juga mencoba dan meningkatkan kualitas aplikasi mereka menggunakan ribuan telepon dan perangkat cloud-hosted. Xamarin akhirnya dikenal sebagai salah satu startup papan atas yang membantu menjaga kelangsungan Internet.

Microsoft sudah melakukan kontrak panjang dengan Xamarin mulai dari integrasi bersama Visual Studio, Azure, Office 365, dan Enterprise Mobility Suite untuk memudahkan developer dengan end-to-end workflow untuk aplikasi yang aman di segala platform. Microsoft dan Xamarin pun bekerja sama untuk menyediakan layanan, pelatihan, dan tools untuk memudahkan developer.

Dengan akuisisi ini, Microsoft akan bekerja lebih keras lagi untuk menmbuat developer tool berkelas dunia dan layanan yang lebih baik dari sebelumnya dengan integrasi yang lebih teliti. Kombinasi dari Xamarin, Visual Studio, Visual Studio Team Services, dan Azure, akan menyediakan solusi lengkap dalam pengembangan apilkasi mobile.

Microsoft sendiri berencana akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai kontrak ini di Microsoft //Build Conference di Maret 2016, dan diikuti dengan Xamarin Evolve Conference di akhir April 2016. Jangan lupa untuk bergabung di kursi terdepan.

(rfs/microsoftblog)