Yuk Kita Ajarkan Coding Sejak Dini Ke Anak-anak Indonesia Lewat Hour of Code

Bagus Aji Santoso 2 Desember 2015

Yuk Kita Ajarkan Coding Sejak Dini Ke Anak-anak Indonesia Lewat Hour of Code

Bulan Desember telah tiba. Tahu kah pembaca Codepolitan event apa yang paling dinantikan di bulan ini? Ya, Hour of Code adalah jawabannya. Apa? Belum tahu apa itu Hour of Code? Coba deh tonton dulu video di bawah ini.

Untuk pembaca Codepolitan yang baru mengenal Hour of Code, mari kita kenal lebih jauh lagi event apa itu.

Hour of Code merupakan gerakan global untuk membantu lebih dari 200 juta anak di lebih dari 180 negara untuk belajar pemrograman. Gerakan ini bertujuan untuk menyadarkan pemerintah, guru, orang tua, serta siswa untuk menyadari bahwa saat ini belajar coding adalah hal yang dibutuhkan oleh anak-anak muda.

Diluncurkan pada akhir tahun 2013 oleh organisasi non profit, Code.org, gerakan ini mendapat dukungan berbagai tokoh-tokoh hebat. Mark Zuckernberg, Steve Jobs, Bill Gates, bahkan Presiden Barrack Obama turut mendukung event ini.

Delapan milyar baris kode telah ditulis oleh lebih dari 13 juta partisipan Hour of Code di seluruh dunia. Jangan buru-buru takjub, karena tahun ini jumlah baris dan angka partisipan akan jauh lebih besar karena website Hour of Code telah diterjemahkan ke lebih dari 40 bahasa. Dengan demikian Hour of Code dapat diakses oleh lebih banyak partisipan di seluruh dunia.

Hour of Code di Indonesia

Indonesia tentu tak mau ketinggalan untuk melaksanakan event Hour of Code. Hour of Code Indonesia akan diselenggarakan pada tanggal 12 - 20 Desember 2015, seminggu setelah penyelenggaraan di negara asalnya, Amerika. Pemilihan tanggal 12 - 20 disebabkan karena pada tanggal 7 - 13 Desember masih banyak siswa/siswi yang masih menjalankan ujian di sekolah.

Hingga 12 November 2015 yang lalu, terdapat 453 event yang terlah terdaftar di Indonesia. Angka ini naik enam kali lipat dibanding tahun lalu yang hanya 70 event. Dengan meningkatnya jumlah partisipasi tahun ini, peringkat Indonesia naik dari peringkat 145 menjadi peringkat 13 dunia dari 192 negara yang berpartisipasi dilihat dari jumlah partisipasi yang terdaftar.

Gerakan Hour of Code Indonesia didukung oleh banyak tokoh startup-startup hebat di Indonesia seperti Ahmad Zakky, CEO Buka Lapak, Martin Kurnadi, CEO Geeknesia, dan Jun Long, Manager GBG Bandung.Pak Onno W Purbo, pakar IT Nasional dan Om Jay, guru Blogger Indonesia juga turut mendukung penuh event ini.

Ingin Berpartisipasi?

Adakah pembaca Codepolitan yang tertarik mengajarkan anak Indonesia belajar coding lebih awal? Jika ada pembaca yang tertarik meluangkan waktunya satu jam saja untuk mengajarkan pemrograman lewat event Hour of Code, silahkan unduh panduan, proposal, poster serta marketing kit Hour of Code Indonesia di http://www.bit.ly/hoc_starter_kit.

Semua orang boleh berpartisipasi menjadi pengajar di Hour of Code. Tidak perlu menjadi seorang ahli, pembaca yang masih pemula pun dapat ikut serta. Tutorial Hour of Code dapat dilakukan menggunakan laptop, tablet, smartphone, bahkan tanpa komputer sama sekali.

Mereka yang menyelenggarakan sesi Hour of Code juga akan mendapatkan reward. Code.org akan memberikan gift card Windows Store atau Amazon sebesar $10 di akhir bulan nanti.

Sebagai penutup kegiatan, Hour of Code Indonesia akan menyelenggarakan Family Games Marathon di empat mall yang berbeda. Kita dapat bermain bersama dalam konsep family marathon ke setiap booth  yang ada untuk menyelesaikan tantangan yang ada. Acaranya gratis, bahkan bisa dapat voucher Uber sebesar Rp. 100.000.

Poster Family Games Marathon