Bolt 3.0 Telah Rilis, Varian CMS Berbasis PHP dengan Struktur yang Bersih

Bolt merupakan salah satu CMS open source yang dibangun dengan bahasa pemrograman PHP, dipelihara oleh komunitas dan digunakan sebagai alat manajemen konten. Bolt diperuntukan kepada Developer, Frontend designer dan Content Editor.

Beberapa waktu yang lalu, pengembang telah merilis Bolt 3.0. Banyak perubahan yang dilakukan dalam Bolt 3, tentunya dengan penambahan beberapa fitur baru. Bolt 3 telah matang, dan tumbuh dengan tools yang extensible yang bisa digunakan sebagai CMS maupun membangun aplikasi web yang bisa disesuaikan.

Beberapa peningkatan pada Bolt 3.0. diantaranya:

Struktur bersih, dan mudah diperbaharui

Instalasi bawaan Bolt sekarang dibungkus dengan composer sehingga pengguna tinggal mengunduh file berekstensi .tar.gz atau .zip. Untuk memulainya, cukup dengan mengganti nama salah satu file, dan tinggal menjalankan composer update.

Pengembang menyediakan sekumpulan pilihan untuk instalasi. Bisa melalui composer, FTP, mapun Git. Sebagai manfaat tambahan, instalasi bawaan Bolt tetap menjaga semua file konfigurasi di luar webroot.

Baca juga: CMS Formulasi, CMS Gratis untuk Website Sekolah

Prasyarat PHP

Pengembang telah menghapus dukungan PHP 5.3 dan mendukung penuh PHP 7.x. Saat ini, Bolt 3.0 memerlukan PHP setidaknya versi 5.5.9. Pengembang melakukannya agar komponen yang digunakan bisa selaras layaknya Symfony Framework.

Layer Penyimpanan Baru

Pengembang telah melakukan refaktorisasi pada layer database sehingga pengguna bisa menggunakan fungsionalitas lebih spesifik dan terspesialisasi dengan mengefektifkan query yang sangat kompleks. Peningkatan lainnya ada pada layer Extension dan field Repeater.

Field Repeater

Pengguna selalu ingin menspesifikasikan tipe konten yang diinginkan melalui ekstensi, dan Bolt 3.0 telah menambahakan fitur tersebut. Ketika menggunakan field Repeater, pengguna bisa mendefinisikan sekumpulan blok field yang bisa ditambahkan ke halaman berulang kali sesuai yang dibutuhkan. Ada juga field Template yang dapat diubah agar pengguna bisa mengendalikan tipe konten yang telah didefinisikan sendiri.

Backend (admin) UI refresh

Antarmuka pengguna untuk backend juga ditingkatkan. Pada rilis selanjutnya, pengembang akan melakukan desain ulang backend Bolt 3.0. Sampai saat ini, pengembang baru membangun pondasinya.

Widgets

Pada Template dan Extension, pengguna bisa menggunakan widget yang disediakan melalui fungsionalitas yang spesifik maupun potongan kode milik pengguna.

Kini Extension bisa menambahkan widget, baik frontend maupun backend. Fitur ini memudahkan developer dalam menyediakan komponen yang dapat digunakan pada template yang berbeda untuk berbagai kasus penggunaan.

Untuk instalasi Bolt 3.0, pengguna bisa membaca dokumentasi atau menggunakan perintah sebagai berikut:

curl -O https://bolt.cm/distribution/bolt-latest.tar.gz
tar -xzf bolt-latest.tar.gz --strip-components=1

Itulah dia, Bolt 3.0 CMS Baru Berbasis PHP. Rilis ini lebih fokus pada struktur CMS yang bersih, dan mudah diperbaharui. Begitu juga field Repeater, Backend, Widget yang semakin ditingkatkan. Tertarik mencobanya? Kunjungi situs resminya di https://bolt.cm/. (yp)

Baca juga: 5 CMS Berbasis File, Alternatif Database-Driven CMS

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post