waktu tersisa untuk klaim DISKON 40% dalam program Full Stack Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Bootstrap 5 Capai Tahap Alpha, Adios jQuery!

Ditulis oleh Bagus Aji Santoso, dipublikasi pada 25 Jun 2020 dalam kategori News
Bootstrap 5 Capai Tahap Alpha,  Adios jQuery! - CodePolitan.com

Bertahun-tahun sudah Bootstrap 4 menemani kita, kini tibalah saatnya Bootstrap 5 muncul ke permukaan. Bootstrap Development Team mengumumkan bahwa Bootstrap 5 telah mencapai versi alpha dengan beberapa catatan. Catatan yang paling menonjol tentu saja dengan tidak adanya dependensi terhadap jQuery dan penghentian dukungan terhadap Internet Explorer.

Tampilan Baru

Sejak versi 4.5.0, tampilan dokumentasi Bootstrap sudah diperbarui. Perbaruan ini dibuat agar dokumentasi lebih mudah dibaca. Panel daftar isi di bagian sebelah kiri juga telah diperbarui dengan menggunakan expandable memanfaatkan plugin Collapse langsung dari Bootstrap.

Logo Baru

Jika diperhatikan, Boostrap masih memiliki huruf B dengan ujung membulat dan dengan penambahan baru di sisi kiri dan kanan. Menurut press release tim Boostrap, penambahan tersebut mewakili kurung kurawal buka dan tutup { }.

Adios jQuery

jQuery telah menjadi bagian tak terpisahkan dari Bootstrap selama bertahun-tahun lamanya. Dengan makin baiknya dukungan browser akan fitur-fitur JavaScript terbaru, Bootstrap kini bisa melepas jQuery sebagai dependensi utama.

Dokumentasi Lebih Lengkap untuk Kostumisasi

Tim Boostrap sadar betul bahwa mayoritas penggunanya akan melakukan kostumisasi untuk mendapatkan hasil yang unik. Oleh karena itu, dokumentasi untuk kostumisasi mendapatkan pembahasan khusus.

Form

Implementasi beberapa field mengalami perombakan seperti checkbox, radio, switch, file, dll. Meskipun banyak yang berubah, tapi jika sudah pernah menggunakan Bootstrap sebelumnya, tentu sudah tidak memerlukan waktu lama untuk beradaptasi.

Penutup

Belum ada tanggal resmi kapan versi stabil Bootstrap 5 akan dirilis, namun kemungkinan paling cepat akhir 2020 atau mungkin 2021 baru akan mencapai versi stabil.

Sumber: https://blog.getbootstrap.com/2020/06/16/bootstrap-5-alpha/


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP