Brackets, Open Source Code Editor untuk Web Designers dan Front-End Developers

Masih tentang code editor. Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu 10 Text Editor yang Free (dan Berbayar) untuk Pemrograman. Kali ini CodePolitan akan membahas salah satu code editor yang belum disebutkan di artikel sebelumnya, yaitu Brackets.

Secara umum Code Editor itu ada yang dibangun untuk tujuan umum, seperti notepad++, Sublime dan Gaeny yang bisa digunakan untuk berbagai bahasa pemrograman dan berbagai keperluan. Nah ada juga code editor yang dibangun hanya untuk tujuan tertentu, dan Bracket adalah salah satunya.

Bracket adalah code editor yang secara khusus dikembangkan untuk tujuan web design dan front-end development. Project Brackets ini diusung oleh Adobe secara open source dan dikembangkan secara aktif oleh komunitas web developer dan benar-benar dibuat untuk kebutuhan web development, khususnya web design dan front-end development. So... buat kamu yang suka ngoprek atau ngulik tampilan web, sepertinya ini layak buat kamu coba.

Nih beberapa kelebihan dari Brackets yang perlu Kamu tahu:

1. Live HTML Development Selalu membosankan untuk mereload halaman browser hanya untuk melihat perubahan yang mungkin tidak terlalu banyak. Nah dengan Bracket, Kamu bisa langsung melihat hasil perubahan dari kode yang Kamu tulis bahkan tanpa harus melakukan save terlebih dahulu. Lebih jelasnya tonton video ini Jou!

2. JS Debugging dengan Theseus Brackets menggunakan Theseus untuk inspeksi dan debugging Javascript-nya. So... ini akan mempermudah Kamu dalam menginspeksi variable dan control flow bahkan secara asynchronous. Tonton ini Jou..

Baca ini juga supaya lebih jelas http://blog.brackets.io/2013/08/28/theseus-javascript-debugger-for-chrome-and-nodejs/

3. Linux: New & Improved Saat ini juga telah dikembangkan Brackets untuk LINUX (Debian & Ubuntu). Kamu bisa cek di sini untuk info lengkapnya https://github.com/adobe/brackets/wiki/Linux-Version

4. Effective Development Dan yang keren selanjutnya dari Brackets adalah kemampuannya untuk bisa melakukan "Quick Edit", sehingga kita bahkan bisa melakukan perubahan style dan javascript tanpa harus pindah-pindah dokumen.

brackets-quick-edit-js

Kamu bisa melihat informasi lebih lengkap tentang Bracket dan juga mendownloadnya di web resminya brackets.io.

Sumber: http://brackets.io/ http://blog.brackets.io/ https://github.com/adobe/brackets/wiki/Troubleshooting http://www.tahutek.net/2014/03/brackets-code-editor-untuk-web-designer.html

Dilihat 6900 kali

Is this helpful?

Share This Post