Channel Podcast Programming Yang Harus Kamu Tahu

Ditulis oleh Salwa Husnun Fauziah Huda, dipublikasi pada 04 Sep 2019 dalam kategori Info
Channel Podcast Programming Yang Harus Kamu Tahu - CodePolitan.com

Seiring dengan berjalannya waktu, di era sekarang kemajuan teknologi kian melesat. Tak hanya di dalam dunia digital, kemajuan teknologi pun sudah merambah kedalam dunia siaran radio. Teknologi ini lazim disebut dengan Podcast. Mungkin, sebagian dari teman-teman sudah tak asing lagi mendengar istilah tersebut.

Yaps, Podcast saat ini memang sedang booming di Indonesia. Banyak para content creator yang merilis Podcast dengan tujuan sebagai wadah dari karya-karyanya agar bisa di konsumsi lebih luas lagi oleh khalayak ramai. Selain itu, Podcast juga dapat membantu para content creator dalam proses produksinya karna dirasa jauh lebih mudah ketimbang memproduksi video.

Dan bukan merupakan suatu hal yang kebetulan lagi bahwa sejumlah content creator banyak yang memiliki channel Podcast, karna tak semua content creator bisa atau suka tampil di depan kamera.

Podcast merupakan file-file media digital yang berseri, biasanya berupa audio yang dirilis secara episodik dan bisa diunduh melalui sindikasi web ke komputer lokal, aplikasi seluler, maupun pemutar media portable. Secara garis besar Podcast dapat di gambarkan seperti gabungan antara vlog Youtube dan radio yang mana teman-teman dapat dengan bebas memilih Podcast dari siapa dan dengan topik apa tanpa perlu menunggu jadwal tayangnya.

Kelebihan dan Kekurangan Podcast

Dalam setiap teknologi pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitupun dengan Podcast. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dari Podcast:

  • Kelebihan

    1. Podcast punya pilihan topik informasi dan pengetahuan yang beragam.
    2. Tidak ada iklan yang berlebihan.
    3. Ada fitur download episode otomatis.
    4. Gratis.
    5. Fleksibel.
  • Kekurangan

    1. Hanya komunikasi satu arah, tidak bisa berinteraksi.
    2. Banyak channel amatiran.
    3. Tidak adanya filter konten.
    4. Harus punya bandwidth yang cukup untuk mendownload.
    5. Butuh training dalam penggunaan.

Bukan hanya content creator umum, programmer pun sudah banyak yang merilis Podcast. Maka, tak heran jika saat ini banyak Podcast programming yang bisa teman-teman nikmati.

Kumpulan Kanal Podcast Programming Indonesia

Dari pembahasan diatas teman-teman pasti bertanya-tanya mana aja sih Podcast yang membahasa mengenai pemrograman, berikut merupakan kumpulan Podcast programming:

Arvipra Tech Podcast

Podcast ini membahas mengenai teknologi dan gadget dalam bahasa Indonesia yang mana episode-episode baru bisa didengarkan dan dilihat setiap hari minggu.

AppsCoast

Podcast ini membahas mengenai teknologi dan startup di Indonesia. Bahkan sering juga mengundang berbagai narasumber untuk ngobrol.

Wicara Podcast

Podcast ini merupakan sebuah media yang berbagi invensi dan diskoveri seputar teknologi dari para expert.

Kumpulan Kanal Podcast Programming Internasional

Berikut ini kumpulan kanal podcast programming internasional berbahasa Inggris yang dikelompokkan ke dalam kategori bahasa pemrograman/framework.

Android

Android Developers Backstage

Android Snacks

Fragmented

Talking Kotlin

PHP

The PHP Roundtable

PHP Podcasts

Laravel

Laravel News Podcasts

The Laravel Podcast

The Laracasts Snippet

Laravel Newbie

Python

Talk Python to Me

Podcast.init

Python Bytes

Test & Code

Import This: A Python Podcast for Humans

Penutup

Artikel ini akan terus diperbarui secara berkala. Jika kamu memiliki saran kanal podcast yang perlu di tambahkan di sini, jangan sungkan untuk berkomentar ya.


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP

Artikel Lainnya