Clevio Dorong Kreativitas Anak Melalui Lomba Cipta Game Asian Culture

Ditulis oleh Hadyan Palupi, dipublikasi pada 08 Nov 2016 dalam kategori News
Clevio Dorong Kreativitas Anak Melalui Lomba Cipta Game Asian Culture - CodePolitan.com

Bermain game tentu adalah hal yang sangat menyenangkan, terutama untuk anak-anak. Dan tahukah kamu kalau anak-anak itu tidak hanya dapat memainkan saja tetapi juga dapat mencipta game mereka sendiri?

Sabtu, 10 September 2016 yang bertempat di D’Mall, Depok berdatangan peserta dari berbagai kategori mulai SD sampai Guru sangat semangat dan antusias untuk dapat mengikuti lomba. Lomba yang mereka ikuti ini adalah “Lomba Cipta Game Asian Culture” yang bertemakan tentang budaya di Asia. Tujuannya agar mengubah pandangan publik terhadap game, membuktikan anak Indonesia tidak hanya dapat bermain game tetapi juga dapat mencipta game dan membantu masyarakat untuk berkarya serta mengenal berbagai budaya di Asia.

4

Baca juga: Membuat Game Virtual Reality First Person Shooter Menggunakan Unity 3D dan Google Cardboard SDK

Clevio Coder Camp, yaitu khursus programming edu-game untuk anak-anak dari SD hingga SMP, SMA hingga Mahasiswa (Coding Teens), dan juga Ibu-Ibu (Coding Mums), bekerjasama dengan D’Mall, Ayodyapala, Biznet dan Kabarindo untuk membuat kegiatan positif yang dapat memberikan pengalaman kepada setiap peserta lomba dan juga inspirasi setiap pengunjung yang datang. Adanya tambahan kategori Guru menjadi ketegori yang spesial dan akan menjadi yang pertama di Indonesia untuk Guru dalam Lomba Cipta Game. Selain itu peserta juga mendapat workshop untuk membuat game sederhana menggunakan Kodu Game Lab, BYOB, Microsoft PowerPoint dan Microsoft Excel.

2
“Kekalahan mengajari anak-anak untuk sadar bahwa di atas langit selalu masih ada langit dan bahwa kemenangan tidak gratis, harus berusaha.” – Ibu Ira, (Orang Tua Fahira)
“Meskipun belum berhasil, tapi senang dengar bahwa mereka ingin terus belajar dan mencoba lagi. Tetap senang karena dapat banyak teman dan pengalaman baru.” – Ibu Febie (Orang Tua Cakrasena)
“Terima kasih, karena lomba ini kami tadi jadi saling tuker-tukeran ide loh sama peserta yang lainnya.” - Hazel, 6 SD (Peserta)
3

Baca juga: 10 Game Engine Java untuk Android

Perlombaan cipta game berlangsung dari Sabtu, 10 September pukul 10:30 hingga 17:00, kemudian dilanjutkan pameran hasil karya game peserta dihari kedua pada Minggu, 11 September pukul 10:30 hingga 18:00 dan ditutup dengan pengumuman pemenang lomba. Pada pameran hasil karya game peserta, banyak sekali pengunjung yang terinspirasi oleh game yang mereka buat, terlebih terdapat Guru-guru yang tidak kalah dengan anak-anak dalam mencipta game. Peserta dan pengunjung di D’Mall dibuat senang dengan adanya acara “Lomba Cipta Game Asian Culture”.

7


Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.