waktu tersisa untuk klaim Potongan harga Rp 300.000 dalam program Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

CodePolitan Bersiap untuk Launching Majalah CoderTalk

Ditulis oleh Kresna Galuh D. Herlangga, dipublikasi pada 22 Sep 2015 dalam kategori Event
CodePolitan Bersiap untuk Launching Majalah CoderTalk - CodePolitan.com

Akhirnya mimpi untuk menerbitkan lagi majalah pemrograman digital CodePolitan hampir menjadi kenyataan. Setelah kurang lebih 1 bulan kami menggarapnya tibalah kami pada saat-saat final untuk menerbitkannya kembali. Saat ini kami dalam tahap finishing, dan rencananya akan kami terbitkan per 1 Oktober 2015 nanti.

Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dalam penerbitan ini, terutama temen-temen Coder yang udah meluangkan waktu bersedia mengisi survei kami sebelumnya tentang nyankodMagz.

Sebelum saya menyampaikan berbagai kejutan yang nantinya akan kami lakukan di dalam launching kali ini termasuk di antaranya adalah bagi-bagi hadiah menarik bagi yang beruntung, saya ingin memberitahukan terlebih dahulu bahwa apa yang akan kami launching kali ini akan berbeda dengan yang pernah kami terbitkan sebelumnya.

Di antara temen-temen Coders pasti ada yang sudah familiar dengan nyankodMagz. Ya tepat sekali, yaitu majalah digital yang secara khusus membahas tentang pemrograman dengan pembahasan yang santai yang nama edisinya sering menggunakan nama-nama makanan khas daerah di Indonesia. Yang menarik dari nyankodMagz adalah cara penyampaiannya yang santai bahkan cenderung jenaka, sehingga membuat pembaca tidak keram otak ketika mempelajari ilmu baru, terlebih bahasa pemrograman yang penuh logika. Edisi terakhir dari nyankodMagz adalah edisi ke-17 Noga Namespace, dimana pada edisi tersebut kami membahas bagaimana cara membuat game Flappy Bird dengan menggunakan Construct 2.

survei_nyankodmagz

Terhambat berbagai macam kendala, nyankodMagz hanya mampu kami terbitkan 17 edisi saja dan vakum setelah itu. Namun semangat kami untuk berkarya, membuat kami memutar otak untuk bisa kembali menerbitkannya lagi dan kurang lebih satu minggu setelah hari ini, tepatnya pada tanggal 1 Oktober nanti kami akan menerbitkan kembali majalah pemrograman ini. Namun ada hal yang menarik, kali ini tidak lagi dengan nama nyankodMagz, edisi terbaru majalah pemrograman yang akan kami launching nanti akan bernama CoderTalk.

Sejatinya CoderTalk merupakan lanjutan dari nyankodMagz. Sebuah estafet baru dengan visi yang sama yaitu untuk menebarkan manfaat kepada teman-teman programmer serta memperkaya khazanah belajar developer. Itulah kenapa nama dan penomoran edisinya masih mengikuti pola nyankodMagz. Namun demikian, seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa CoderTalk walaupun lanjutan dari nyankodMagz adalah sesuatu yang baru. Banyak pembaharuan, perbaikan dan tambahan yang belum pernah kami munculkan di nyankodMagz sebelumnya. Dan yang pasti dengan kualitas yang terus kami tingkatkan.

Sekedar bocoran, pada CoderTalk edisi terbaru nanti yang akan kami launching 1 Oktober mendatang, akan banyak pembahasan menarik. Salah satunya kita akan belajar bagaimana membuat halaman portfolio berbasis web dengan menggunakan Bootstrap. Nggak cuma itu, kalau biasanya kita hanya coding untuk perangkat lunak, pada edisi terbaru nanti kita akan mencoba coding untuk perangkat keras, kita akan belajar membuat Joystick yang bisa digunakan untuk bermain game dengan menggunakan Digispark Board. Dan masih banyak tema-tema menarik lainnya, yang pastinya bakal menarik.

Tapi tunggu dulu, kejutan tidak hanya sampe di situ. Kami juga sudah menyiapkan beberapa hadiah menarik, yang akan kami berikan kepada orang-orang yang beruntung. Salah satunya hadiah menarik yang telah kami siapkan adalah Digispark Board.

cp_joystick2

Apa itu Digispark? Digispark sederhananya adalah development board. Kita bisa bikin Joystick atau apa saja (termasuk robot) dengan Digispark ini. Kalau temen-temen udah kenal Arduino, maka Digispark ini bisa diumpamakan seperti Arduino namun dengan ukuran yang lebih mini.

Menarik bukan? Ya, sekali lagi, nanti di saat launcing Majalah CoderTalk nanti, kami akan memberikan Digispark ini kepada mereka yang beruntung. Mau tau caranya supaya menjadi salah satu yang beruntung? Ini dia caranya:

  1. Klik tombol 'Join/Gabung' atau 'Going/Akan Hadir' di halaman event Facebook ini (https://www.facebook.com/events/955645124502403/) untuk terus update informasi tentang launching Codertalk.

  2. Klik tombol 'Join Group' atau 'Gabung Grup' pada halaman grup Facebook Coder Indonesia (https://www.facebook.com/groups/CoderTalk.id).

Launching CoderTalk nanti akan dilakukan melalui event online di grup Facebook Coder Indonesia. Siapapun bisa hadir, dari manapun, selama terkoneksi dengan internet. So.. buruan gabung!

Untuk bertanya seputar event Launching CoderTalk, silakan layangkan twitmu ke @codepolitan.

Sebenernya masih ada berbagai kejutan lainnya yang udah kami siapkan. Tapi nggak usah buru-buru, di hari H nanti akan kita beberkan semuanya. Semoga karya yang telah kami develop dengan sepenuh hati ini akan bisa bermanfaat :D


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP