Codota, Aplikasi Asisten Ngoding Super Canggih

Codota adalah antarmuka tambahan yang terintegrasi dengan IDE untuk menawarkan code completion yang lebih canggih. Apa sih yang membedakan code completion Codota yang telah terpasang disetiap IDE yang kita kenal?

IDE semacam Eclipse atau IntelliJ pada umumnya sudah memiliki fitur code completion. FItur ini membantu developer untuk mempercepat penulisan suatu variabel atau fungsi yang cukup panjang atau bahkan men-generate satu blok kode (blok for, while, do while, atau membuat anonymous function). Fitur code completion yang dimiliki oleh IDE biasanya didapat dengan menganalisis file atau proyek yang bersangkutan. Codota membawa fitur code completion lebih jauh lagi dengan menggunakan data dari source code yang tersedia di internet untuk menawarkan kode yang lebih relevan.

Tim pengembang Codota memanfaatkan source code yang ada di situs seperti Github dan Stackoverflow untuk di pelajari oleh model machine learning mereka sehingga Codota dapat mengenali konteks dari sebuah blok kode.

Saat ini Codota baru mendukung bahasa pemrograman Java. Mereka berencana menambahkan bahasa JavaScript dan bahasa lain dalam bebrapa bulan ke depan. Codota dapat berjalan di Mac OS X, Microsoft Windows, atau GNU Linux.

IDE yang dapat berjalan dengan Codota saat ini adalah Eclipse (minimal versi Mars), IntelliJ (minimal versi 14), dan Android Studio. Codota dapat digunakan secara Gratis di IDE-IDE ini. Tersedia premium support bagi pengguna yang membutuhkan.

Kunjungi situs resmi Codota untuk mengunduh dan melihat informasi yang lebih lengkap.

(techcrunch, codota)

Dilihat 5233 kali

Is this helpful?

Share This Post