waktu tersisa untuk klaim DISKON 40% dalam program Full Stack Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

David Heinemeier Hansson, Programmer Dibalik Ruby on Rails

Ditulis oleh Yana Permana, dipublikasi pada 28 Apr 2015 dalam kategori Tokoh
David Heinemeier Hansson, Programmer Dibalik Ruby on Rails - CodePolitan.com

Sebelumnya kita sudah berkenalan dengan Matz, sang penemu bahasa pemrograman Ruby. Kali ini kita akan berkenalan dengan penemu framework web Ruby on Rails, Siapakah dia?

Dia adalah David Heinemeier Hansson. Seorang programmer, penulis, pembalap dan pendiri start-up. Luar biasa bukan? Jarang kita temui seorang programmer yang juga seorang pembalap. Penasaran? Mari kita telusuri perjalanannya.

davidHH_14069940461_32f1fdb252_b

Pada tahun 2003 beliau sudah mulai membangun Ruby on Rails (RoR). Beliau terinspirasi dari start-up Basecamp yang beliau bangun. Dimana beliau mengekstraksi website basecamp dengan membagi menjadi komponen-komponen dan dibentuk ke menjadi sebuah framework web. Sampai saat ini beliau masih memimpin pengembangan RoR. Dengan dukungan kontributor programmer lain diseluruh dunia. RoR telah menjadi dasar pengembangan untuk situs-situs terkenal seperti Twitter, Shopify, 500px dan Github.

Disamping memimpin pengembangan RoR, beliau juga menjadi pendiri dan CTO Basecamp. Basecamp adalah layanan manajemen proyek dan telah digunakan lebih dari 15 juta orang di seluruh dunia. Dengan basecamp,  kemajuan proyek akan dikerjakan bersama-sama. Basecamp ini sudah berdiri satu dekade. Dalam start-up tersebut, beliau menjalankannya bersama Jason Fried dan tim yang terdiri dari 45 programmer, desainer, pendukung, dan pengurus.

Karir lain beliau adalah menjadi seorang penulis best-seller. Buku yang ditulis beliau adalah REWORK dan REMOTE: Office Not Required. Buku berjudul REWORK ini telah terjual lebih dari 300.000 ribu eksemplar di seluruh dunia. Dan menjadi yang terlaris versi New York Times, Wall Street Journal dan Sunday Times. Buku ini berisi tentang memulai dan menjalankan bisnis dengan cara yang lebih baik.

davidHH_rework_book_front-cover

Buku lainnya adalah, REMOTE: Office Not Required. Buku ini berisi tentang pengalaman beliau bekerja jarak jauh selama satu dekade terakhir. Dengan kata lain kerja remote. Beliau juga menulis buku lain yang berjudul Getting Real dan Agile Web Development with Rails.

24 Hours of Le Mans

Karir lain yang tak bisa kita sangka-sangka adalah beliau juga seorang pembalap kelas atas. Setelah berjuang mendaki tangga balap mobil selama lima tahun, beliau akhirnya memenangkan kejuaraan. Beliau juga memenangkan Endurance World Championship, lomba ketahanan balap mobil. Dan aktivitas lain beliau adalah seorang pembicara, dan hobinya adalah fotografer.

(yp/heinemeierhansson)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP