Debug Console Aplikasi dengan VSCode

Ditulis oleh Soeleman, dipublikasi pada 27 Jun 2018 dalam kategori Tutorial
Debug Console Aplikasi dengan VSCode

Sebagai text editor Visual Studio Code (VSCode) dibekali dengan kemmampuan debugging yang numpuni. Apalagi debugger-nya merupakan extension yang memungkinkan ada banyak bahasa yang didukung.

Dalam tulisan ini kita mencoba men-debug aplikasi .NET Core yang bertipe console. Kenapa console? karena kita bisa melihat lebih mudah bagaimana VSCode melakukan tugas ini. Sedangkan untuk ASP.NET hampir sama, yang berbeda ada tambahan pengaturannya.

Visual Studio

Kali ini yang kita coba adalah console aplikasi yang dibuat dengan Visual Studio (VS).

Biasanya dengan VS, kita secara automatis akan memiliki file solution dengan ektensi .sln dan untuk project-nya biasanya dibuatkan sebuah folder tersendiri. Seperti yang kita lihat dibawah, solution dan project-nya.

Untuk project Csharp, yang diperlukan hanya source code yang berektensi .cs dan sedangkan .csproj berisi informasi yang akan digunakn untuk mem-build (seperti file Make untuk GCC).

alt text

Aplikasinya sendiri sederhana saja. Menampilkan tulisan dan alfabet. Kalau dijalankan akan seperti gambar dibawah.

alt text

Visual Studio Code

Kalau kita ingin menjalankan atau men-debug aplikasi ini di-VSCode maka perlu diingat kita perlu buka folder yang ada file .sln-nya. Dengan begitu VSCode bisa membaca konfigurasi yang dimiliki oleh VS. Karena untuk VSCode memerlukan informasi ini untuk membuat konfigurasi yang memang ditujukan untuk VSCode.

Asset

Seperti yang terlihat, kita membuka seperti diatas. Setelah VSCode membaca ada tidaknya konfigurasi. Kalau tidak ada ia akan menampilkan dialog seperti dibawah. Tentu kita pilih Yes.

alt text

Konfigurasi yang dimaksud adalah folder .vscode dan file launch.json + tasks.json.

tasks.json berisi informasi bagaimana mem-build sebuah project(sini bisa berisi banyak cara project).

launch.json akan menyimpan informasi bagaimana VSCode menjalankan debugger dan disini kita juga memasukkan informasi yang berada di-tasks.json.

Kedua file itu bertindak sebagai penghubung VSCode dengan aplikasi, karena VSCode bisa menggunakan extensions lainnya untuk bahasa atau framework lainnya diluar .NET Core.

alt text

Ini yang akan tulis oleh VSCode setelah kita menekan tombol Yes.

alt text

Files

Sebelum kita mencoba men-debug. kita lihat apa isinya file yang ada.

.csproj merupakan file yang akan digunakan compiler untuk melakukan pekerjaannya. Disini kita lihat target-nya untuk netcoreapp2.1 dengan hasilnya berbentuk Exe. Kebetulan dalam project ini tidak ada ketergantungan, jadi kosong seperti dibawah.

alt text

Ini source code csharp dan tugasnya mencetak tulisan kemudian mencetak huruf dengan loop.

alt text

Ini berisi konfigurasi bagaimana mem-build project. Dan bisa berisi banyak cara. Kebetulan disini hanya satu Task dalam property Tasks.

alt text

Yang ini akan digunakan VSCode untuk menjalakan debugger dan ada hubungannya dengan tasks.json. Coba perhatikan property preLaunchTask akan sama isinya dengan property label di-tasks.json.

alt text

Debug

Untuk melihat panel informasi ketika men-debug. Kita bisa ke-menu View kemudian Debug.

alt text

Maka akan muncul panel untuk Variables, Watch, Call Stack dan Breakpoints.

alt text

Debugging

Dan cara melakukan debug akan seperti yang kita lakukan pada VS.

Kita tempatkan breakpoint disebelah line code.

Menjalankannya tekan F5 atau tekan tombol Play hijau. Dan kalau diperhatikan ada tulisan .NET Core Launch (console), informasi itu dari launch.json. Jadi kalau ada beberapa 'cara' debug-nya, maka bisa diganti dari dropdown-nya.

Pada saat debugger aktif, maka ada muncul dialog seperti gambar dibwah. Dan apabila mengenai breakpoint-nya debugger akan berhenti disana dengan menampilkan informasi yang ada di-panel yang tersedia. Sebagaimana yang biasa terjadi pada VS.

alt text

Melangkah ke-line code selanjutnya bisa pakai tombol Play atau F10.

alt text

Karena kita pasang breakpoint didalam loop, maka setiap kita lanjut ia akan berhenti disana; sampai selesai loop-nya.

Dan kita bisa melihat perubahan data code pada panel yang ada.

alt text

Karena aplikasi console ini jalan dalam debugger maka hasil keluarnya muncul di-terminal dari VSCode.

alt text

Penutup

VSCode menyediakan fasilitas ini yang berguna sekali bagi developer, ditambah lagi dia juga bisa melakukan itu dengan bahasa atau framework lainnya melalui extensions.

Dan agar dia bisa menjalankan tugas ini, kita perlu memberikan informasi apa yang harus dilakukan oleh VSCode lewat tasks.json dan launch.json.

Referensi

Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Promo potongan 10% untuk bergabung dalam kelas online Menjadi Web Programmer