"Developer Story", Resume Online Khusus Developer dari Stack Overflow

Ditulis oleh Muhammad Singgih ZA, dipublikasi pada 15 Nov 2016 dalam kategori Info
"Developer Story", Resume Online Khusus Developer dari Stack Overflow - CodePolitan.com

Sekarang, ya bisa dikatakan beberapa tahun terakhir jasa untuk lowongan kerja online semakin marak hadir di keseharian kita, sebut saja Karir.com, jobsdb, jobstreet bahkan Codepolitan Jobs (CoderJobs) juga ikut meramaikannya.

Karena maraknya layanan tersebut, masing-masing mencari diferensiasi untuk tetap unggul dan menjadi pilihan utama bagi target konsumen nya. Semisal CoderJobs yang berfokus pada lowongan kerja khusus developers/programmers, ahli jaringan, instruktur dan terus meluas dalam ranah TI. Kini, penyedia layanan jobs advertising memberikan layanan berupa portofolio online bagi target konsumennya dalam segi pelamar kerja tersebut.

Perlu kamu tahu, Facebook mengeluarkan fitur baru berupa jobs posting untuk menyaingi LinkedIn, bahkan serupa. Meskipun LinkedIn sudah menjadi raksasa dan kepercayaan bagi setiap stakeholder baik professional maupun company untuk saling terhubung tapi tetap harus waspada dengan hal ini. Banyaknya startup atau bahkan company yang telah mengadaptasi model layanan seperti LinkedIn, dengan value add yang menyesuaikan dengan target pasarnya.

Baca juga: Facebook Siapkan Fitur Baru, Tantang Raksasa LinkedIn

Kita sebagai developers/programmers tentu tak asing dengan nama Stack Overflow bukan? ya, website dimana kita bisa menemukan hampir semua jawaban dari setiap isu yang kita hadapi saat koding aplikasi. Segala macam permasalahan ditemukan jawabannya di sana, hampir bahkan langka sekali kita tak berhasil menemukan jawaban untuk permasalahan galat yg dihadapi waktu koding. Sekarang, Stack Overflow pun mengikuti adaptasi layanan seperti LinkedIn tersebut, yaitu Portofolio online. Namun ternyata, disini Stack Overflow berfokus saja dengan developers dan menyediakan semua fasilitasnya khusus bagi developers.

Layanan baru dari Stack Overflow ini disebut dengan "Developer Story", layanan yang diberi julukan “best way to share whatever it is that you take pride in”. Layanan baru ini merupakan resume portofolio online yang begitu familiar dan juga mudah untuk dipahami dengan menekankan di unsur apa saja yang sudah kamu "buat" sebagai seorang developer. kelebihan lainnya ialah di portofolio kita bisa sematkan foto dan video pendukung diri kita agar lebih menarik, mengaitkan dengan blog kita, project atau bahkan source code yang telah kita simpan publik di GitHub dan sebagainya.

Baca juga: Trend Dunia Programming menurut GitHub Octoverse 2016

Perbedaan yang mencolok di Developer Story ini adalah tampilannya, bisa kita pilih antara formatnormal resume, atautimeline resume. Menariknya, dalam bentuk format Timeline, kita dapat menyorot bagian pencapaian terbaik kita, proyek yang besar, bahasa pemrograman dan tools yang dikuasai dan banyak lagi. Bahkan digadang-gadang dengan fitur tersebut, kita bahkan dapat mengaitkan dengan kontribusi kita di Stack Overflow itu sendiri seperti bertanya, menjawab dan melengkapi dokumentasi Stack Overflow.

Misalkan kita tidak terlalu tertarik dengan mencari kerja, Developer Story nya Stack Overflow tetap bermanfaat untuk kita. Fitur untuk mengaitkan daftarproject, minat, pencapaian, GitHub, Blog dan apapun yang telah kamu lakukan bisa sangat berguna. Selain itu, ada pula fitur untuk mengatur pekerjaan apa saja yang tidak kita minati.

Baca juga: 10 Pertanyaan Interview sebagai Programmer Google

Penasaran ga? cek aja langsung ya Stack Overflow Developer Story.

dan jangan lupa, cek juga Codepolitan Jobs ya, beberapa yang ada di Codepolitan jobs seperti :

Gimana? kamu tertarik ga kalau Codepolitan punya fitur seperti Developer Story nya StackOverflow! Saya tunggu komentarnya

Sumber :



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.