waktu tersisa untuk klaim DISKON 40% dalam program Full Stack Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Ebook dan Tutorial Pilihan Untuk Belajar Membuat Web dengan Meteor.js

Ditulis oleh Bagus Aji Santoso, dipublikasi pada 06 Jun 2015 dalam kategori Info
Ebook dan Tutorial Pilihan Untuk Belajar Membuat Web dengan Meteor.js - CodePolitan.com

Meteor memang framework JavaScript yang tegolong cukup muda. Meskipun begitu popularitasnya terus meningkat dari hari kehari. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan komunitas dan beragam situs-situs keren yang muncul yang dibuat dengan Meteor. Meteor menggunakan satu bahasa pemrograman untuk mengembangkan web dari sisi server hingga klien yaitu JavaScript. Kelebihan lain dari Meteor adalah selain dapat membuat aplikasi web, kita juga bisa langsung mengekspor kode yang kita tulis menjadi aplikasi iOS maupun Android.

Pembaca yang ingin belajar membuat web menggunakan Meteor sekarang ini tidak perlu risau dalam mencari sumber belajar. Panduan, ebook, serta video tutorial sudah semakin banyak bertebaran untuk membantu kita dalam belajar. Artikel ini akan membahas ebook dan tutorial pilihan untuk belajar membuat web dengan Meteor.

Tutorial Resmi Meteor

[caption id="attachment_4499" align="aligncenter" width="600"]Meteor Tutorial Meteor Tutorial[/caption]

Tutorial pertama yang ada didaftar ini tentu saja tutorial resmi yang diberikan oleh pengembang Meteor. Dengan mengikuti tutorial ini kita akan mengenal teknik-teknik membuat aplikasi web dengan Meteor.

Your First Meteor Application

[caption id="" align="aligncenter" width="270"] Cover Your First Meteor Application[/caption]

Buku yang pertama kita bahas adalah buku yang ditulis oleh David Turnbull dengan ketebalan 143 halaman. Buku ini sangat populer sebagai buku panduan yang harus dibaca pertama kali oleh mereka yang ingin belajar membuat web dengan Meteor, bahkan developer Meteor sendiri merekomendasikan buku ini.

Baca juga: Mengenal Meteor, Framework JavaScript yang Sedang Naik Daun

Komputer dengan sistem operasi Windows, Linux, atau Mac OS X, teks editor, dan peramban web modern seperti Google Chrome atau Firefox adalah peralatan yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti panduan yang ada didalam buku. Kita akan belajar membuat web dengan Meteor step by step dari memasang Meteor hingga membuat aplikasi utuhnya.

Unduh buku ini secara gratis melalui situs Meteor Tips and Tutorial.

Meteor JS 1.0 - Building an App from Scratch

[caption id="attachment_4495" align="aligncenter" width="375"]Screenshot from 2015-06-05 23:43:18 Cover Tutorial Building an App from Scratch Meteor JS 1.0[/caption]

 

Tutorial ini ditulis oleh Matthew Platts dan dipublikasikan melalui situs Web Tempest. Dengan mengikuti tutorial ini kita akan dapat membuat aplikasi web yang akan menyimpan skor pertandingan foosball (sepakbola meja). Tutorial ini rutin diperbarui. Terkahir kali perbaruan yang dilakukan adalah pada tanggal 6 Mei 2015.

Bulletproof Meteor

[caption id="attachment_4496" align="aligncenter" width="600"]Bulletproof Meteor Bulletproof Meteor[/caption]

Bulletproof Meteor adalah tutorial online yang dibuat oleh @arunoda berdasarkan pengalaman yang ia dapat saat mengembangkan Kadira, aplikasi monitoring performa situs yang dibuat dengan Meteor. Tutorial ini mengenalkan kita akan Meteor, bagaimana melakukan Database Modeling, memahami arsitektur Meteor, hingga menyelami internal Nodejs. Panduan yang lengkap dan padat ini dapat diakses gratis melalui situs BulleProof Meteor.

Meteor Learning

[caption id="attachment_4497" align="aligncenter" width="600"]Meteor Learning Meteor Learning[/caption]

Meteor Learning merupakan dokumen yang berisi kumpulan artikel dan tutorial, buku, komunitas, kelas online, contoh kode, podcast, screencast, slide, dan tautan-tautan lainnya yang berhubungan dengan belajar Meteor. Eric Douglas adalah programmer dibalik pembuatan dokumen ini. Dokumen Meteor Learning dapat diakses melalui situs github.

Meteorpedia

[caption id="attachment_4498" align="aligncenter" width="600"]Meteorpedia Meteorpedia[/caption]

Meteorpedia bisa dikatakan sebagai wikipedianya Meteor. Semua informasi yang berhubungan dengan Meteor bisa anda temukan disini. Perlu dicatat bahwa Meteorpedia bukan wiki resmi dari pengembang Meteor. Isi situs ini disumbangkan secara sukarela oleh anggota komunitas Meteor.

Baca juga: Tips Memilih Bahasa Pemrograman Backend untuk Dipelajari

Discover Meteor

[caption id="" align="aligncenter" width="400"] Cover Discover Meteor[/caption]

Buku yang ditulis oleh Sacha Greif dan Tom Coleman ini merupakan buku yang sangat direkomendasikan untuk dibaca bagi semua orang yang ingin belajar membuat web dengan Meteor. Dengan membaca buku ini, kita akan membuat situs bernama Microscope, versi sederhana dari situs Telescope.

Sayangnya versi asli buku ini tidak tersedia secara gratis, namun kita bisa membaca versi Bahasa Indonesia di id.discovermeteor.com. Versi terjemahan Bahasa Indonesia dari Discover Meteor memang baru 26%. Jika pembaca ingin membantu menerjemahkan, halaman github ini wajib pembaca kunjungi.

[caption id="attachment_4500" align="aligncenter" width="600"]Telescope Telescope[/caption]

[caption id="attachment_4501" align="aligncenter" width="600"]Microscope, versi minimal dari Telescope Microscope, versi minimal dari Telescope[/caption]


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP