FindBugs, Cari Bugs di Program Java

Yana Permana
Sabtu, 13 Juni 2015 pukul 06.51
FindBugs, Cari Bugs di Program Java

Debugging adalah salah satu cara dilakukan oleh programmer dan pengembang perangkat lunak untuk mencari dan menghapus bug sehingga perangkat lunak tersebut bekerja sesuai harapan. Debugging cenderung lebih rumit ketika beberapa subsistem lainnya terikat dengan ketat dengannya, mengingat perubahan di satu sisi dapat menyebabkan munculnya bug lain di dalam subsistem lainnya.

Setiap program atau aplikasi yang dikembang tentu tak pernah lepas dengan yang namanya bug, tak terkecuali program yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java. Namun, adakah aplikasi khusus untuk cari bugs di program Java? Tentu ada, salah satunya adalah FindBugs.

FindBugs merupakan program yang menggunakan analisis statis untuk mencari bug dalam kode Java. FindBugs termasuk free software, dan didistribusikan di bawah lisensi GNU Lesser Public. Nama FindBugs™ dan logo FindBugs yang merek dagang oleh The University of Maryland. FindBugs juga telah diunduh lebih dari satu juta kali. Luar biasa bukan ? Bila kita ingin memasangnya, FindBugs cukup membutuhkan JRE (atau JDK) 1.7.0 atau yang lebih baru untuk menjalankannya.

Apakah FindBugs masih up-to-date? Tentu, versi saat ini dari FindBugs adalah 3.0.1, dan telah dirilis pada 6 Maret 2015. FindBugs juga tersedia sebagai plugin yang dapat dipasang pada kakas Java lainnya seperti Eclipse, Netbeans, Intellij, Maven, Hudson, Jenkins dan lain-lain.

Siapa saja yang telah menggunakan FindBugs? Salah satunya adalah Google. Google memiliki tradisi perbaikan perangkat lunak, ada hari khusus dimana mereka memanggil semua engineer mereka untuk fokus pada beberapa masalah atau teknik khusus untuk meningkatkan sistem di Google. Pada tahun 2009 lebih dari 700 engineer menjalankan FindBugs di berbagai kantor. Selain menggunakannya, Google juga ikut menambahkan kemampuan baru FindBugs yang berkaitan dengan komputasi awan dan jejaring sosial.

Itulah sekilas FindBugs, kakas pencari bug pada program Java. Jika pembaca tertarik mencobanya, FindBugs bisa diunduh di http://findbugs.sourceforge.net/downloads.html

(yp/findbugs)

Tags:
ToolsjavabugsTools