5 CMS Berbasis File, Alternatif Database-Driven CMS

CMS (content management system) adalah sebuah aplikasi berbasis web yang memiliki fungsi utama untuk memudahkan pengelolaan konten dalam website. Dengan menggunakan CMS kita bisa melakukan penambahan konten, penyuntingan konten, ataupun meng-upload file yang diperlukan dalam konten tanpa harus mengerti tentang pemrograman web ataupun database secara mendetail.

Saat ini kehadiran CMS sudah sangat menjamur di dunia maya. Selain karena penggunaanya yang mudah, CMS juga bisa digunakan secara gratis dan dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan kita karena bersifat open source. Namun, dalam penggunaanya kebanyakan CMS juga melibatkan database untuk menyimpan data-data yang digunakan dalam konten dan hal ini yang seringkali menjadi kesulitan bagi beberapa pengguna CMS pemula. Tetapi untuk menjembatani kesulitan tersebut, saat ini sudah muncul flat file CMS atau disebut juga File-Based CMS yang menggunakan file dan folder dalam penyimpanan datanya. Berbeda dengan CMS konvensional yang menggunakan database, konten disajikan dengan melakukan proses queri ke basisdata sedangkan flat file CMS konten langsung ditampilkan dari struktur file dan folder yang sederhana.

Meskipun flat file CMS ini menggunakan file dan folder untuk menyimpan dan menampilkan konten, bukan berarti flat file CMS adalah model situs web statis yang sudah ketinggalan zaman. Tetapi faktanya flat file CMS ini sudah menggunakan hakikat fungsional dari CMS, yakni menyederhanakan proses pengelolaan konten tanpa harus direpotkan dengan urusan struktur HTML dan gaya CSS.

Ada banyak flat file CMS yang saat ini sudah dikembangkan seperti PICO, Monstra, GetSimple, dan lain sebagainya. Berikut adalah ulasan 5 flat file CMS yang saat ini populer:

1. PICO

Pico CMS merupakan flat file CMS yang dikembangkan oleh Gilbert Pellegrom dari Dev7studios. Selain tanpa menggunakan database dan open source, PICO CMS ini juga mendukung penulisan dengan format markdown. Untuk tema, PICO mengunakan engine Twig agar lebih fleksibel dan powerful. Informasi lebih lengkap mengenai PICO CMS dapat diakses di web resminya: http://www.picocms.org/

2. MONSTRA

Monstra CMS merupakan CMS yang berbasis XML. Monstra memiliki lisensi GNU-GPL v3 dan dia juga bersifat open source. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Monstra CMS ini adalah:

  • Kemudahan dalam instalasi, penggunaan, dan juga upgrade.
  • Fleksibel.
  • Multiuser
  • SEO Friendly
  • Secure
  • Open Source

Monstra CMS ini dikembangkan oleh Sergey Romanenko. Informasi lebih lanjut mengenai Monstra bisa diakses di web resmi nya: http://www.monstra.org/

3. FlatPress

FlatPress adalah blogging engine yang menyimpan postingan kita semudah menyimpan file teks. Untuk menggunakan FlatPress ini kita cukup menggunakan PHP, sama sekali tidak memakai SQL. Fitur yang ditawarkan oleh FlatPress ini adalah:

  • Standard-compliant (XHTML valid)
  • Tidak memerlukan SQL
  • Mudah dalam melakukan backup
  • Mudah dalam sistem plugin
  • Mendukung widget
  • Memudahkan dalam melakukan kustomisasi (powered by Smarty)

FlatPress dikembangkan oleh Edoardo Vacchi dibawah lisensi GNU-GPL v2. Informasi lebih lanjut tentang FlatPress bisa di lihat di situs resmi nya: http://flatpress.org

4. Dropplets

Dropplets merupakan CMS yang menawarkan kemudahan dalam instalasi dan juga penulisan serta manajemen posting. Droppets dikembangkan oleh Jason Schuller dibawah lisensi MIT dan bersifat open source. Informasi lebih lanjut mengenai Dropplets bisa diakses di web resmi nya: http://dropplets.com/.

 

5. PusakaCMS (Beta)

PusakaCMS adalah Content Management System (CMS) dengan konten berbasis file sehingga tidak memerlukan instalasi database server untuk penyimpanan data. Cukup tulis konten di komputer kemudian unggah, dan konten sudah bisa langsung diakses oleh seluruh dunia. PusakaCMS dibangun di atas framework CodeIgniter yang terkenal unggul dalam hal kecepatan proses dan kemudahan pengembangan. PusakaCMS hampir tidak memerlukan proses konfigurasi untuk dapat online. Kita cukup unggah dan ekstrak file-file PusakaCMS di hosting, dan kita sudah bisa mulai mengisi konten. Konten bisa langsung ditambahkan melalui panel Admin.

Fitur utama yang dimiliki oleh PusakaCMS adalah dapat menulis konten dalam format HTML, markdown, ataupun textfile. Dalam mengubah tema pun sangat mudah karena sudah disediakan sistem untuk itu.

PusakaCMS ini dikembangkan oleh Nyankod dan merupakan produk asli putra bangsa Indonesia. Informasi lebih lengkap mengenai PusakaCMS bisa di lihat di web resminya: http://pusakacms.org/.

(ap/ekajogja/yudis-tiro15)

Dilihat 3678 kali

Is this helpful?

Share This Post