Diskusi Jungun Posma Sitompul

Jungun Posma Sitompul
Ditanyakan pada: Apa Itu Dom

fungsi dan kegunaan dari DOM

apakah DOM merupakan suatu framework ? untuk apa DOM digunakan ? apa yang terjadi jika kita tidak mengaplikasikan DOM pada suatu program ?

2 Jawaban

Avatar
BroKoding

20 hari yang lalu

Halo kak, DOM (Document Object Model) bukanlah suatu framework, melainkan representasi struktur dokumen HTML/XML yang interaktif dan dapat dimanipulasi oleh JavaScript. DOM digunakan untuk mengakses, mengubah, dan memanipulasi elemen-elemen pada halaman web secara dinamis. Jika tidak mengaplikasikan DOM pada suatu program, tidak akan ada cara untuk secara dinamis mengubah atau berinteraksi dengan elemen-elemen HTML, sehingga halaman web akan menjadi statis dan kurang interaktif.

Avatar
Muhammad Fakhry Burhanuddin

20 hari yang lalu

DOM adalah sebuah programming interface yang mendefinisikan struktur dari web document.

Pada lingkungan browser, DOM memberikan izin bagi kode JavaScript untuk mengakses dan memanipulasi konten pada dokumen melalui sebuah Application Programming Interface (API), yakni sesuatu yang memungkinkan JavaScript dan dokumen HTML untuk "berkomunikasi".

DOM bukan sebuah framework. DOM digunakan oleh JavaScript untuk mengontrol website dan browser. DOM hanya digunakan pada frontend programming.