Diskusi Dionisius Nusaca

Dionisius Nusaca
Ditanyakan pada: Mengenal Lifecyle Hooks VueJS

Mengenai API yang digunakan

ini sedikit di luar konteks. Berarti pada dunia kerja nanti bisa dibilang misal kita sebagai front-end, akan mendapatkan data dari backend untuk bisa kita tampilkan datanya ya?

atau alurnya data yang di inputkan ke frontend kita kasih di backend dan di olah oleh backend lalu diberikan kepada frontend supaya bisa ditampilkan di websitenya atau bagaimana ya kak?

2 Jawaban

Avatar
Muhammad Fakhry Burhanuddin

20 hari yang lalu

Backend dan frontend merupakan 2 software terpisah yang bisa saja dibuat dengan bahasa pemrograman yang berbeda. Backend dan frontend berkomunikasi lewat API. Prosesnya frontend melakukan request ke backend dan backend mengirim respon berupa data ke frontend.

Untuk membuat data seperti register user baru frontend mengirim data user dan nantinya backend yang akan memproses data tersebut dan mengirim respon ke frontend. seperti itu alurnya.

Avatar
BroKoding

20 hari yang lalu

Halo kak, kalau platformnya terpisah antara frontend dan backend sering kali sudah ada perancangan sistemnya. Jadi akan ada desain dan arsitektur yang akan digunakan dan sebagai patokan antara integrasi frontend dan backend. Ini mencakup API-API yang akan disediakan backend dan digunakan frontend.