Diskusi Alfonsus Falistyan Jayasaputra Waruwu

Selesai
Alfonsus Falistyan Jayasaputra Waruwu
Ditanyakan pada: Mengenal Data Di Http Header

Penggunaan Content-Type

Penggunaan Content-Type dalam headers apakah wajib?? Bagaimana kalau mengirim data json tapi tanpa header "Content-Type": "application/json"?? Atau data lainnya tetapi tanpa mengisikan Content-Typenya?

Sama kalau misalkan mau mengirimkan data berupa data registrasi atau data login ke backend dari frontend, yang aman Content-Typenya berupa apa ya? Apakah berupa "application/json" atau ada yang lebih secure lagi??

2 Jawaban

Avatar
BroKoding

11 hari yang lalu

Halo kak, secara teori tidak ada keharusan atau kewajiban menambahkan Content-Type pada header. Akan tetapi dalam prakteknya sangat sering digunakan supaya persepsi format request dan response nya lebih jelas.

Untuk case login/register, content-type tidak ada pengaruhnya. Lebih berfungsi jika menggunakan https karena akan di enkripsi.

Avatar
Muhammad Fakhry Burhanuddin

11 hari yang lalu

Jawaban Terpilih

Kalau tidak mencatumkan header Content-Type maka nilai default yang dipakai adalah text/plain. Kalau tidak mengeset "Content-Type": "application/json" nantinya server tidak bisa menangani request. Nanti bisa dicoba sendiri.

Untuk mengirim data yang aman bukan dari penentuan header Content-Type tapi dari sisi penanganan data di sisi frontend dan backend.