Gambaran Fitur-Fitur Terbaru Construct 3!

Ditulis oleh Hadyan Palupi, dipublikasi pada 08 Feb 2017 dalam kategori News
Gambaran Fitur-Fitur Terbaru Construct 3! - CodePolitan.com

Hai guys!
Beberapa waktu yang lalu, CodePolitan telah memposting bahwa tidak lama lagi kamu semua para game developer khususnya akan kedatangan dengan versi terbaru dari Construct, yaitu Construct 3.

Merupakan versi terbaru dari Construct 2 yang sudah tidak asing lagi bagi para pembaca CodePolitan. Karena kenapa? karena CodePolitan sudah membuat beberapa tutorial terkait Construct 2 ini, seperti Membuat Game Android Mudah dengan Intel XDK dan Construct 2. Bagi teman-teman yang belum familiar dengan aplikasi Construct ini, Construct adalah game engine untuk membuat game HTML5 tanpa memerlukan keahlian ngoding/scripting lho. Jadi kamu tetap bisa membuat game hanya dengan skill HTML5 saja coder. Kamu juga bisa belajar langsung HTML5 di learn CodePolitan.

Baca juga: Membuat Game Android Mudah dengan Intel XDK dan Construct 2

Dan kini melalui blog resmi perusahaan pembuat Construct 2 ini mengumumkan fitur-fitur baru yang dapat kamu nikmati di Construct 3. Kamu penasarankan dengan perubahan besar apa saja yang ada pada Construct 3 ini. Dari pada menebak-nebak CodePolitan telah merangkumnya di sini.

Sebelum masuk ke pembahasan fitur apa saja yang diupgrade pada Construct 3 ini, kalau kamu ingin melihat bagaimana performa dan yang ditawarkan oleh Construct 3 ini. Scirra dengan bangga memperlihatkan hasil game yang dibuat dengan menggunakan Construct 3 ini dengan seizin pembuatnya Aurelien Regard tentunya, yaitu game The Next Penelope.

Imgur

Penilaian singkat dari game ini, The Next Penelope merupakan game yang keren dan project Construct yang cukup besar sekitar 400mb! yang tadinya merupakan project Construct 2 lalu dibawa ke dalam project Construct 3, dan seperti yang bisa kita lihat game ini terlihat keren kan!. :D

Interface

Tentu saja tampilan merupakan hal penting dalam sebuah perubahan. Pada interface Construct 3 yang terbaru ini mengalami banyak sekali perubahan, perusahaan mendesain kembali dari awal dengan tetap mempertahankan beberapa aspek yang sudah familiar dan berguna bagi user. Seperti tata letak panel dan bar properti. Banyak sekali perubahan dalam Construct 3 ini karena pembuat Construct 3 menargetkan kesederhanaan, meminimalkan desain agar user bisa fokus pada konten yang mereka buat. Menggunakan tampilan browser, style UI pada Construct 3 bahkan bisa dimodifikasi menggunakan CSS, Perusahaan menambahkan fitur sistem custom thema ini untuk mempersilahkan seseorang merubah tampilan Construct 3.

Imgur

Log In Pada Construct 3

Salah satu fitur terbaru yang diberikan oleh Construct 3 adalah kemudahan dalam penggunaan dengan implementasi yaitu mempersilahkan user login menggunakan akun pada website. Hal ini membuat Construct 3 sangat mudah sekali digunakan pada setiap komputer, di rumah, kantor atau sekolah. Bahkan kamu tidak perlu menginstall! karena Construct 3 tidak sabar lagi untuk kamu mencobanya.

Kualitas Display Terbaik

Construct 3 juga menawarkan kualitas display yang baik. Rendering high-DPI di Construct 3 menghasilkan hasil yang tanpa cacat, setiap detail skala ditampilkan dengan sempurna. Ikon-ikon yang ditampilkanpun kini sudah dimodernisasi dengan sytle flat seperti desain pada Google. Tampilan layout juga bekerja dengan sempurna dengan menggunakan display High-DPI, fitur zoom menggunakan mouse dengan rentang zoom yang lebih besar dan proses rendering yang setara dengan native menggunakan WebGL 2.

Imgur

Peningkatan Properti

Bar properti juga sudah diperbaharui agar lebih mudah digunakan dengan kemudahan tambahan. sebagai contoh kamu bisa mengklik tombol "..." pada deskripsi project untuk merubah text pada tampilan jendela yang lebih besar. Kamu juga bisa menggunakan jenis kalkulasi seperti 1920/2 di mana akan memunculkan hasil 960. Kamu bahkan bisa menggunakan beberapa sistem ekspresi seperti sqrt(64). Nilai angka bisa di drag dengan halus menggunakan mouse dan langsung memunculkan effect pada tampilan layout.

Imgur

Bisakah Construct 3 Digunakan Offline?

Dapat dipastikan Construct 3 akan dapat digunakan saat offline!. Construct 3 menggunakan teknologi terbaru, saat kamu pertama kali berkunjung aplikasi akan terdownload secara menyeluruh. Setiap kamu berkunjung setelahnya file akan di load secara langsung dari disk. jadi kamu bisa menggunakannya saat offline atau pada saat gangguan koneksi dan bahkan kamu tidak akan menyadarinya Construct 3 akan tetap bekerja dengan baik. Developer Construct 3 menyadari bahwa memaksa user untuk terus online akan menimbulkan ketidaknyamanan yang signifikan untuk kebanyakan user, jadi perusahaan Construct 3 telah bekerja keras untuk membuat pengalaman user tetap smooth dalam kondisi offline ataupun "lie-fi".

Tentu saja kamu juga bisa menyimpan projectmu dalam bentuk offline jika kamu lebih menyukai hal tersebut. perusahaan berfikir banyak orang lebih suka untuk menyimpan dan men-load projectnya dari cloud, terutama jika kamu menggunakan beberapa device yang berbeda. bagaimanapun hal tersebut tadi tidak diwajibkan, kamu tetap bisa menyimpan dan men-load project secara lokal, seperti kamu biasa gunakan pada Construct 2.

Imgur

Kedepannya pembuat Construct 3 juga berencana membangun Construct 3 untuk windows, Mac dan Linux. Hal tersebut akan bekerja seperti layaknya Construct 2 bekerja saat ini. kamu mendownload dan meng-install software, bisa meng-copy-nya ke usb dan lain sebagainya. Yang lebih mengherankan Versi ini juga akan meng-cover fitur kecil yang tidak tercover dalam browser, seperti menyimpan project dalam folder di folder lokal, dan dukungan copy dan paste yang lebih baik. Yang mengizinkanmu menggunakan Construct 3 di komputermu secara offline dan permanen.

Baca juga: Membuat Game Wearable Sederhana dengan Construct 2

Bagaimana Dengan Nasib Construct 2?

Scirra akan tetap mempertahankan Construct 2 untuk di masa yang akan datang. Fokusnya adalah dalam maintenance, dengan fitur baru ditargetkan pada Construct 3, tetapi tenang saja, Scirra akan tetap membenahi bugs dan meng-update engine jika hal tersebut dipengaruhi oleh masalah browser dan perubahan-perubahan.

Construct 3 ini masih dalam pengembangan dan akan di rilis dalam waktu yang dekat. Scirra menyatakan lewat email newsletter bahwa pada tanggal 1 Februari 2017, akan ada sedikit bocoran tentang kondisi terkini pengembangan Construct 3. Pembaca yang penasaran dapat memantau langsung situs .Construct 3. Bagi kamu yang baru mengetahui info ini dan tidak sabar untuk menggunakan Construct, silahkan dicoba terlebih dahulu yang versi sebelumnya dan belajar HTML5 di CodePolitan.

sumber : A first look at Construct 3



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.