Google Bawa reCAPTCHA ke Android

Pembaca mungkin sudah tidak asing lagi dengan reCAPTCHA, sebuah fitur yang meminta pengguna untuk membuktikan bahwa mereka bukan robot. Salah satu layanan CAPTCHA yang paling populer adalah Google reCAPTCHA. Layanan ini sudah membantu jutaan situs menghadapi robot-robot tukang nyepam sejak 2007.

Untuk melindungi pengguna mobile yang terus tumbuh semakin besar, Google memutuskan untuk memasukkan reCAPTCHA menjadi salah satu API Android di Google Play Service. Pembaca mungkin berpikir, jika reCAPTCHA ada di mobile bukankah akan merepotkan pengguna nantinya?

Agar dapat melindungi tanpa mengganggu pengguna untuk mengisi form tambahan, Google memperkenalkan teknologi Invisible reCAPTCHA. Teknologi ini akan melakukan risk analysis dibelakang layar dan dapat meloloskan pengguna manusia tanpa satu klik tambahan. Dengan demikian pengguna dapat menikmati aplikasi favoritnya tanpa perlu merasa diganggu untuk mengisi reCAPTCHA sekaligus terhindar dari spam.

Panduan resmi untuk menggunakan reCAPTCHA di Android dapat di baca di developers.google.com. Jangan lupa bahwa layanan Google Play Service wajib di tambahkan agar dapat menggunakan API reCAPTCHA.

(android-developers/xda-developers)

Dilihat 2379 kali

Is this helpful?

Share This Post