Promo Lebaran, Kelas Online CODEPOLITAN Cukup Bayar Setengah Harga KLAIM PROMO
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Google Menemukan Android dan iPhone Bisa Di Hack Melalui Chip Wi-Fi

Ditulis oleh Hadyan Palupi, dipublikasi pada 10 Apr 2017 dalam kategori News
Google Menemukan Android dan iPhone Bisa Di Hack Melalui Chip Wi-Fi - CodePolitan.com

Tim milik Google Project Zero yang telah masyhur dikenal telah menemukan banyak bug dan kerentanan keamanan yang bisa berdampak pada pengguna yang tidak terhitung jumlahnya. Penemuan mereka akhir-akhir ini berkaitan dengan keamanan jutaan pengguna smartphone, baik itu Android maupun iOS.

Hal tersebut ditulis dengan baik oleh Gal Beniamini, peneliti dari tim Project Zero. Gal Menitik beratkan pada kerentanan yang terdapat chip Broadcom WiFi yang digunakan pada berbagai smartphone Android dan iPhone.

Baca juga: Definisi Hacker Menurut Mark Zuckerberg

Jika hal tersebut diekspoitasi lebih jauh, kerentanan ini dapat membuat hacker mengambil kontrol device yang ada disekitar tanpa interaksi dengan pengguna. Faktanya, pengguna tidak akan mengetahui jika ada orang yang berpikiran jahat terhubung dengan jaringan yang sama dan diam-diam masuk tanpa izin ke dalam device.

Google Nexus 6P yang berjalan menggunakan Android versi 7.1.1 digunakan untuk demonstrasi eksekusi kode jarak jauh melalui eksploitasi jaringan WiFi. Bagaimanapun hal ini bisa dilakukan juga dengan berbagai perangkat yang tertanam chip Broadcom WiFi. Dalam daftarnya termasuk Nexus 6, Nexus 6P, iPhone 4 (dan versi terbarunya) dan banyak lagi pada device andalan Samsung.

Baca juga: 10 Tool Terbaik Untuk Hacking di Awal 2017

Berdasarkan laporan Keamanan Android di bulan April, eksploitasi melalui WiFi ini sudah diperbaiki. Tim Google Project Zero juga memberitahukan kepada Perusahaan Broadcom dan perusahaan yang bergerak dalam produksi teknologi untuk memperbaiki keamanan pada perangkat yang terpengaruh. Apple sudah merilis perbaikan keamanannya dalam bagian update iOS 10.3.1.

Jadi bagi teman-teman yang belum update, silahkan di update OS mobilenya untuk menutup kemungkinan smartphonenya dibajak tanpa kita ketahui. Jangan lupa kasih thanksnya yaa :D

Sumber : A Wi-Fi Chip Bug Is Making Millions Of iPhones And Android Phones Hackable, Google Reveals


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP