Gulajava, Pemenang CodePolitan App News Reader

Ditulis oleh Yana Permana, dipublikasi pada 24 Oct 2015 dalam kategori Wawancara
Gulajava, Pemenang CodePolitan App News Reader - CodePolitan.com

Mengembangkan aplikasi mobile memerlukan kreativitas dalam menentukan ide, user experience (UX), optimasi program dan fitur-fitur yang harus tersedia. Seperti yang telah dilakukan oleh TeamDev Gulajava dalam memenangkan adu kreatif pengembangan aplikasi Codepolitan News Reader beberapa waktu lalu.

Bagaimana mereka bisa melakukan kreativitas tersebut? Nah, waktunya kenalan lebih dekat dengan TeamDev Gula Java, mulai dari profil, jobdesk dan hal unik lainnya.

Bisa diceritain dong apa itu Gulajava?

Gulajava adalah sebuah nama tim. Tim yang berisi sekumpulan orang yang menyukai akan teknologi smartphone, khususnya Android dan iOS. Untuk programming dan aplikasi sendiri, mereka lebih minat pada yang berbasis Android.

Siapa saja personil TeamDev Gulajava?

Ian Antono

IMG_IAN_ANTONO

Dia adalah orang yang menyusun ide, membuat alur kerja aplikasi, desain tampilan aplikasi, ide ide fitur, dan juga pemerhati saran dan masukan dari pengguna aplikasi. Sangat menyukai hobi Aquascape dan juga memiliki hobi yang cukup unik yaitu sebagai railfans atau komunitas pecinta kereta api di waktu luangnya.

Rian Yulianto W

IMG_RIAN_YW
Kalau yang ini, di bagian programming aplikasi Android, menyusun desain tampilan aplikasi dalam bentuk coding, dan juga pencari kutu dan serangga error di dalam aplikasi yang dibuat. Di waktu senggang, dia senang bermain dengan kucing dan juga merawat tanaman di rumahnya.

Endah Tri Utami

IMG_ENDAH_TR
Mbak mbak yang satu ini biasanya ditugaskan sebagai tester, reviewer, atau uji coba. Menguji coba apakah aplikasinya ada error atau tidak. Dan juga memberi masukan pada UX (User Experience) pada aplikasi yang dibuat agar mudah digunakan pengguna. Di waktu senggangnya senang sekali nonton film, membaca, main game dan menulis review atau buku.

Kenapa menggunakan nama Gulajava sebagai nama tim?

Nama Gulajava ini diambil dari nama salah satu bumbu penyedap makanan yang cukup terkenal di Indonesia, yaitu gula jawa / gula merah. Yang mana gula ini sering ditambahkan pada makanan/ kue tradisional khas Indonesia. Semakin banyak gula jawa, maka semakin enak rasanya dan manis. Selain itu gula ini juga dikenal di seluruh Indonesia, untuk bahan penyedap masakan.
Dan dari situlah, kami berpikiran untuk memberi sedikit modifikasi pada nama gula ini, dengan sedikit campuran bahasa Inggris tapi tidak melupakan nama rasa lokalnya, yaitu dari Gula Jawa menjadi Gulajava.
Harapannya dengan menggunakan nama ini, prestasi dan karya yang dibuat oleh tim ini bisa seperti gula jawa, semakin manis hasil aplikasinya dan makin dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Sejak kapan Gulajava didirikan?

Tim ini sendiri didirikan pada pertengahan tahun 2010. Sudah cukup lama bukan :D .

Bisa dijelaskan latar belakang terbentuknya Gulajava?

Tim pengembang ini didirikan dengan niat awal untuk media penyalur hobi dari para pendiri yang tertarik akan perkembangan pesat di bidang pembuatan aplikasi mobile untuk smartphone. Yup, hobi yang semula mengutak-atik aplikasi yang diunduh di internet, membuat pendirinya menjadi penasaran bagaimana aplikasi tersebut dibuat. Dan akhirnya para pendirinya pun sepakat membuat sebuah tim kecil-kecilan yang diberi nama Tim Gulajava Ministudio.

Karya apa aja nih yang udah dikerjain oleh Gulajava?

Karya aplikasi yang sudah kami kerjakan sudah cukup banyak. Beberapa diantara sebagai bentuk bahan latihan untuk mencoba API Android baru dan juga sebagai bentuk wujud ide yang kami dapat.
Beberapa diantaranya adalah aplikasi JadwalKA Indonesia yang berisi jadwal kereta api penumpang seluruh Indonesia, kecuali kereta api jenis KRL.
Kemudian ada aplikasi pelengkap dari JadwalKA, yaitu aplikasi lokasi stasiun kereta api yang bernama Lokasi St. KA .
Terus ada aplikasi pelacak jalan atau lintasan yang sudah kita lalui yang bernama Jejak Kaki. Kemudian kami juga membuat aplikasi yang sebenarnya berasal dari ide dan permasalahan yang kami temui sendiri yaitu aplikasi Kode ATM Bersama, yaitu aplikasi yang berisi kode-kode bank seluruh Indonesia yang biasanya dipakai untuk transfer rekening beda bank.
Kemarin ketika musim mudik 2015, kami juga membantu membuat aplikasi Android dengan tema mudik bersama suatu surat kabar yang bernama Mudik Asik PR.

Apa rencana Gulajava kedepannya?

Ke depan kami akan terus berkarya membuat aplikasi dan mewujudkan ide aplikasi yang kami dapat. Dan tentu saja berusaha untuk mengikuti lomba-lomba aplikasi agar lebih mendapatkan banyak pengalaman dan koneksi dengan sesama pengembang.

Dan ada keinginan tersendiri dari para pendirinya untuk membuat sebuah usaha sendiri (startup) wiraswasta di bidang teknologi. Namun masih perlu banyak belajar di bidang bisnis dan manajemen mengatur tim dan sumber dayanya.

Jika ingin menghubungi Gulajava bisa via apa nih?

Untuk menghubungi kami, biasanya bisa melalui email, yaitu [email protected].

(yp)



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.