HACKTIV8, Solusi Belajar Coding dengan Jaminan Kerja

Dalam dua tahun terakhir makin banyak perusahaan teknologi yang mendapat investasi. Kucuran dana segar yang didapatkan menuntut mereka untuk mengembangkan produk yang lebih baik. Akibatnya, permintaan akan developer siap kerja semakin meningkat. Karena kebutuhan akan developer handal semakin tinggi sedang ketersediaannya terbatas, banyak perusahaan rela membayar mahal.

Indonesia memang memiliki lulusan Ilmu Komputer yang tidak sedikit, namun tetap masih belum mencukupi kebutuhan yang ada. Selain itu banyak lulusan yang belum siap turun kerja karena cepatnya perkembangan teknologi yang ada. Melihat kenyataan ini, Ronald Ishak dan Riza Fahmi memutuskan untuk bekerja sama membangun HACKTIV8 sebagai “jembatan” untuk mengatasi gap yang ada.

tim-hacktiv8

HACKTIV8 memiliki visi untuk meningkatkan taraf hidup dan karir orang banyak dalam bidang teknologi melalui kursus pemrograman intensif selama 12 minggu. Tidak seperti lembaga kursus kebanyakan yang memiliki kegiatan belajar mengajar dua sampai tiga kali seminggu, Hacktiv8 menyelenggarakan kegiatan belajar mengajarnya setiap hari kerja (senin – jum’at) dari pukul 9 pagi hingga 6 sore. Hanya siswa yang berdedikasi tinggi yang dapat sukses bersama Hacktiv8. Untuk membantu calon siswa agar siap saat kelas intensif dimulai, online preparation akan diberikan selama 6 minggu oleh Hacktiv8.

Belajar pemrograman intensif selama 12 minggu di HACKTIV8, siswa akan dilatih untuk menjadi seorang full-stack web developer. Selama 12 minggu siswa akan menyelami dunia web development. Pertama siswa akan mempelajari HTML/CSS untuk membuat halaman web baik secara manual maupun dengan pustaka yang telah ada seperti Bootstrap. Agar laman web yang dibuat tak hanya menarik dan responsif, siswa juga akan mempelajari JavaScript dengan pustaka seperti jQuery untuk menciptakan halaman web yang interaktif. Setelah menguasai sisi frontend, siswa akan melanjutkan studinya ke sisi backend. Untuk sisi backend siswa akan mempelajari teknologi NodeJS beserta frameworknya yaitu ExpressJS. Pemilihan teknologi NodeJS sangat menguntungkan siswa karena mereka tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman baru untuk membangun web yang dinamis. Selain itu JavaScript juga dapat digunakan diluar dunia web seperti desktop, mobile (Android dan iOS), IoT, robotika, dll.

Baca juga: Bagaimana Menjadi Programmer Hebat yang Banyak Dicari

Topik-topik lain yang juga akan dipelajari adalah Version Control dengan Git, Database, React & Redux, Project Management, Test-Driven Development, serta Deployment & Scaling. Topik-topik yang diajarkan bertujuan untuk melahirkan full-stack web developer yang siap kerja dan dapat bersaing, serta siap untuk menjawab tantangan perkembangan bisnis.

HACKTIV8 sangat menekankan metode learning by doing. Mereka percaya bahwa berlatih ngoding secara konsisten merupakan kunci menjadi web developer yang handal. Setiap harinya siswa akan diberikan challenge untuk diselesaikan. Tujuan pemberian challenge ini agar siswa dapat terbiasa untuk menyelesaikan permasalahan yang nantinya akan sering ditemui di dunia kerja.

Kebanyakan perusahaan teknologi memiliki tim developer yang bekerja bersama-sama. HACKTIV8 sangat menyadari fakta ini. Oleh karena itu agar siswa kelak siap untuk bekerja dengan tim di perusahan, maka HACKTIV8 mulai melatih mereka sejak awal melalui kegiatan pair programming. Pair programming merupakan suatu metode di mana dua orang programmer duduk bersama untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Satu orang bertugas sebagai orang yang menulis kode (driver) dan satu orang lagi bertugas untuk mengkoordinasikan proses penyelesaian masalah (navigator). Driver dan navigator diperankan secara bergantian.

HACKTIV8 tidak hanya peduli pada intelektual siswanya. Mereka juga perduli dengan emotional intelligence para siswa. Program Engineering Empathy dihardirkan dengan tujuan untuk melatih kemampuan interpersonal siswa agar saat terjun ke dunia kerja sanggup menghadapi tekanan baik dari luar maupun dari dalam, mampu menguasai ego kritikal pribadi, serta dapat merubah pola pikir.

kelas-hacktiv8

belajar-coding-santai

belajar-coding-hacktiv8-yoga

Untuk melayani siswa yang akan belajar menjadi full-stack web developer, HACKTIV8 diperkuat oleh 6 orang instruktur. Keenam instruktur ini tak hanya sekedar men-transfer ilmu untuk menjadi seorang full-stack web developer, namun mereka juga berperan untuk menjadi pemimpin diskusi, pemandu proses pair programming, serta mendukung siswa dalam menyelesaikan proyek dan challenges dengan memberikan feedback.

Menjadi instruktur HACKTIV8 bukan pekerjaan yang mudah karena mereka dituntut agar tak hanya sekadar mengajarkan siswa bagaimana cara menulis program namun juga bagaimana cara untuk belajar menulis program itu sendiri. Dengan demikian siswa nantinya akan menjadi pribadi mandiri yang dapat menolong dirinya sendiri saat menemukan hal-hal baru.

belajar-coding-hacktiv8

Pembaca yang tertarik untuk mengikuti program bootcamp di HACKTIV8 dapat mendaftar di batch 3 sampai dengan batch 5. Ketiga kelas ini akan dimulai awal tahun 2017 dengan jadwal persiapan pada bulan Oktober, November, dan Desember. Klik di sini untuk melihat jadwal kelasnya.

jadwal-belajar-coding-hacktiv8

Besarnya biaya untuk mengikuti program bootcamp HACKTIV8 sebesar Rp. 40.000.000. Bukan angka yang kecil memang, namun dengan jaminan kerja dan gaji minimal Rp. 10.000.000 (gross) per bulan, untuk kursus selama 12 minggu saja, investasi ini akan kembali dalam kurun waktu beberapa bulan saja.

HACKTIV8 pun tak ingin menyurutkan niat calon siswanya untuk belajar karena biaya. HACKTIV8 telah bekerja sama dengan beberapa partner yang memberikan program pinjaman yang bisa dicicil sebesar kira-kira Rp. 3.000.000 selama 12 bulan untuk meringankan beban biaya. Mereka bahkan memberikan beasiswa berupa potongan harga sebesar 10% untuk wanita yang ingin menjadi programmer dan mahasiswa yang sedang menempuh studinya atau lulusan baru (untuk 2 tahun terakhir). Ssttt satu lagi, jika mendaftar sebelum tanggal 1 November 2016, kita akan diberikan potongan diskon early bird sebesar 20%!

perbandingan-belajar-hacktiv8

Apabila masih memiliki kesulitan finansial untuk mendaftar, HACKTIV8 telah bekerjasama dengan tiga jasa peminjaman untuk membantu calon siswa menggapai cita-citanya. Ketiga jasa peminjaman tersebut adalah KoinWorks, Taralite, dan Tunaiku Amar Bank.

program-pinjaman-hacktiv8

Jadi tunggu apa lagi? Jika tak mau ketinggalan dengan teman-teman yang lain, bergabung dengan HACKTIV8 merupakan salah satu solusi terbaik. Jangan jadikan beban finansial menjadi penghalang karena HACKTIV8 dengan senang hati membantu kita lewat beragam beasiswa dan program pinjaman. Raih mimpi untuk menjadi seorang full-stack web developer dan meraih kehidupan yang lebih baik lewat HACKTIV8. Untuk informasi lebih lengkap tentang HACKTIV8 kamu bisa mengunjungi website resminya di http://hacktiv8.com.

Dilihat 10213 kali

Is this helpful?

Share This Post