Heboh Serangan Virus WannaCry Di Indonesia

Hari ini tepatnya senin, 15 may 2017 merupakan hari yang diinfokan akan terjadi serangan sebuah virus berjenis Ransomware yang orang-orang memanggilnya dengan sebutan WannaCry. Sekilas bagi kamu yang baru mendengar nama ini akan merasa aneh dengan nama yang telah disebutkan, memang jika diartikan dalam bahasa Indonesia virus ini berarti ingin menangis (Wanna Cry). Namun ternyata nama WannaCry merupakan singkatan dari nama aslinya yang bernama Wanna Decryptor.

Info penyerangan virus ini beredar melalui media massa dan terus menjadi viral dengan terus berkembangnya informasi melalui broadcast media chatting yang dimiliki oleh para pengguna smartphone. Baik itu informasi mengenai apa itu virus WannaCry sampai cara untuk mengatasi virus tersebut. Sebelum kita melangkah jauh tentang sebaiknya kita kenal dahulu dengan virus yang satu ini mulai dari cara kerja dan bagaimana cara penyebarannya. Sebagian besar orang merasa takut dan waswas karena tidak mengetahui musuh yang dihadapinya. Dengan mengetahui kekuatan musuh maka kita dapat mengatur strategi.

Kehebohan yang dihasilkan oleh virus ini ternyata tidak hanya ramai pada kalangan masyarakat saja namun sudah mendapatkan respon yang cukup kuat dalam pemerintahan. Bersumber dari Kepala Badan Intelijen Negara bapak Budi Gunawan yang memberikan tanggapannya kepada para media massa yang ramai dan menjadi topik utama di beberapa media massa nasional.

Lebih lanjut Kepada BIN Indonesia itu menjelaskan bahwa serangan ini berawal dari bocornya tool yang digunakan oleh National Security Agency (NSA), yaitu sebuah kode pemrograman yang memanfaatkan kelemahan sistem operasi Microsoft Windows. Keterangan mengenai virus yang menyerang kelemahan sistem windows ini juga dapat kamu temukan di penjelasan WannaCry Wikipedia.

Lantas bagaimanakah keterangan dari Microsoft mengenai virus Ransomware ini? Dikutip melalui forum diskusi resmi milik Microsoft ketika mendapat pertanyaan mengenai WannaCry ini , berikut jawabannya serta sedikit tips yang diberikan oleh Microsoft :

Wannacry

Tetap berhati-hati dan selalu waspada dari link-link website yang tidak jelas asal usulnya. Semoga bermanfaat dan jika kamu memiliki informasi lebih sekitar virus ini silakan untuk tidak segan di-share melalui website CodePolitan.

Sumber :

Dilihat 2755 kali

Is this helpful?

Share This Post