IBM Swift Sandbox, Belajar dan Tes Kode Program Swift Online

Bicara soal Swift, yang pertama terlintas di kepala adalah ini tentang Apple. Bahasa yang dimaksudkan sebagai penganti dari Objective-C merupakan jawaban bagi pengembangan lebih lanjut, lebih mudah serta dapat merangkai perkembangan yang terjadi di dunia pemogramman.

Saat ini Swift sudah dapat digunakan pada Apple (macOS dan iOS) dan Linux. Tetapi fokus utamanya tetap di Apple, walaupun sudah ada juga di Windows (porting tidak resmi). Tooling dan kelengkapan untuk bekerja dengan bahasa ini tetap lebih baik berjalan di lingkungan Apple.

IBM Swift Sandbox

Sayangnya bagi banyak orang, belajar pakai hardware dari Apple adalah suatu kemewahan tersendiri. Terlebih bagi pemula yang mulai dari lingkungan Windows, tentu jadi halangan bilamana harus menggunakan Linux.

Tidak putus semangat untuk itu, perkenalkan IBM Swift Sandbox. Ini adalah website yang bisa membantu kita belajar Swift dalam mode REPL. Tanpa perlu repot memasang Swift dalam komputer kita dan juga bila melihat opsi-nya. Tersedia pula beberapa pilihan versi compiler-nya.

IBM Swift Sandbox

Hello World

Menggunakan tools ini juga sederhana. Cukup kita tuliskan source-code di sisi kiri lalu kita tekan tombol play. Bila compiler Swift-nya sukses, maka kita akan melihat hasilnya di sisi kanan.

IBM Swift Sandbox, Hello

Memang membuat aplikasi penuh bukan sekadar belajar Swift saja. Kita juga butuh belajar dari API yang bersangkutan, seperti API-nya iOS (yang tampaknya perlu juga berjalan di Apple). Tapi sebelum ke sana, di Swift Sandbox ini kita bisa mulai membiasakan dahulu dengan sintak dan tata cara yang berlaku.

Referensi

Dilihat 5768 kali

Is this helpful?

Share This Post