Inilah Proyek Open Source Penerima Mozilla Open Source Support - Bagian Pertama

Ditulis oleh Lord Voldemort, dipublikasi pada 15 Dec 2015 dalam kategori News
Inilah Proyek Open Source Penerima Mozilla Open Source Support - Bagian Pertama - CodePolitan.com

Mozilla Open Source Support merupakan program yang diselenggarakan oleh Mozilla. Program ini diselenggarakan untuk membantu proyek-proyek open source yang telah membantu Mozilla berkembang dari dahulu hingga kini. Mozilla telah menyiapkan dana sebesar 1 juta dollar untuk membantu proyek open source yang terpilih.

Pada tanggal 10 Desember 2015 lalu, Mozilla mengumumkan tujuh proyek open source pertama yang menerima bantuan dana dari mereka. Ketujuh proyek tersebut adalah:

Buildbot (US$ 15.000)

Buildbot merupakan continuous integration framework yang telah membantu Mozilla selama beberapa tahun terakhir. Dana bantuan yang mereka terima akan digunakan untuk mengembangkan Buildbot salah satunya agar Buildbot dapat bekerja lebih baik dengan Amazon EC2 Cloud.

CodeMirror (US$ 20.000)

CodeMirror merupakan aplikasi source code editor yang dibuat menggunakan teknologi web terkini. Mozilla menggunakan CodeMirror dibagian Developer Tools dan Mozilla Thimble. Dana bantuan yang mereka terima akan digunakan untuk mengembangkan CodeMirror agar mendukung bahasa dari kanan-ke-kiri (Arab dkk.) dan script yang kompleks.

Discourse (US$ 25.000)

Discourse merupakan layanan diskusi online yang digunakan diberbagai komunitas Mozilla. Dana bantuan yang mereka terima akan digunakan untuk mengembangkan mekanisme interaksi menggunakan email sehingga Discourse dapat digunakan untuk menggantikan mailing list.

Read The Docs (US$ 48.000)

Read The Docs merupakan website yang menyediakan layanan hosting dokumentasi online, digunakan oleh hampir semua proyek Web Mozilla. Dana bantuan yang mereka terima akan digunakan untuk mengembangkan fitur generate dokumentasi otomatis lewat source code dan beberapa fitur lainnya.

Mercurial (US$ 75.000)

Mercurial merupakan sistem manajemen source code terdistribusi. Mozilla menggunakan Mercurial di proyek-proyek utama mereka. Dana bantuan sebesar US$ 75.000 akan digunakan untuk mengembangkan antar muka web yang lebih baik.

Django (US$ 150.000)

Django merupakan framework web berbasis Python yang digunakan oleh website-website milik Mozilla. Dana bantuan ini akan digunakan untuk membuat Django lebih baik dalam melayani aplikasi web yang menggunakan WebSocket.

Bro (US$ 200.000)

Bro adalah aplikasi monitoring jaringan, digunakan di jantung pertahanan Mozilla. Dana yang mereka terima akan digunakan untuk mengembangkan repositori publik untuk module dan plugin Bro.

 

Ketujuh proyek open source ini secara keseluruhan telah menerima US$ 503.000, setengah dari alokasi dana sebesar US$ 1 juta. Setengah dana yang tersisa akan dialokasikan bagi proyek-proyek open source lain. Pendaftaran masih dibuka lewat Google Docs.

(bas/mozilla)



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Ingin belajar coding lebih terstruktur? Gabung kelas online CodePolitan sekarang!