JIBAS, CMS untuk Kebutuhan Sekolah

Ditulis oleh Yana Permana, dipublikasi pada 04 Sep 2015 dalam kategori Review KaryaLokal
JIBAS, CMS untuk Kebutuhan Sekolah - CodePolitan.com

Melakukan manajemen untuk berbagai instansi sangatlah penting. Apalagi menilik zaman sekarang yang telah mencapai era informasi. Sekarang manajemen berbasis IT mulai banyak digunakan di berbagai instansi tak terkecuali instansi sekolah. Sering kali sekolah selalu dikaitkan dengan CMS populer seperti Moodle. Namun hal tersebut hanya sebatas e-learning saja.

Programmer dalam negeri juga punya karya yang tak kalah keren dengan Moodle, sebut saja JIBAS. JIBAS merupakan kependekan dari Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah. JIBAS termasuk CMS untuk kebutuhan sekolah, banyak fitur-fitur menarik yang mumpuni didalamnya. Pengembangan JIBAS bisa dibilang lama, karena menghabiskan 7 tahun pengembangan. Walaupun memakan waktu 7 tahun, JIBAS ternyata open source dan gratis pula.

Penasaran dengan JIBAS, berikut fitur-fitur yang ditawarkan oleh JIBAS:

Pertama, fitur pemantauan. Didalamnya kita bisa meihat rincian laporan mengenai prestasi akademik siswa, penerimaan pembayaran, presensi guru, aset nventori dan lain-lain. Menu yang digunakan untuk fitur pemantauan diantaranya Executive Summary Report, Akademik, Keuangan dan SPT Fingerprint.

Kedua, fitur pelaporan. Didalamnya kita bisa mengirim informasi kepada orang tua dan siswa mengenai akademik, keuangan, presensi, pengumuman via SMS, surat, website dan lain-lain. Menu yang digunakan untuk fitur pelaporan diantaranya SMS Gateway, Anjungan Informasi dan SPT Fingerprint.

Ketiga fitur interaksi. Didalamnya kita bisa berinteraksi dan berkomunikasi antara guru, siswa serta orangtua. Menu yang digunakan untuk fitur interaksi diantaranya Anjungan Informasi, Info Guru dan Info Siswa.

Keempat, fitur otomatisasi. Didalamnya kita bisa mendat presensi siswa dan pegawai melalui Fingerprint. Pendataan lainnya seperti surat masuk dan surat keluar juga ada. Untuk pengambilan foto siswa dan pegawai juga tersedia dalam JIBAS. Sedangkan data siswa dapat di import dari file xls (Excel, Calc dan lain-lain). Menu yang digunakan dalam fitur otomatisasi diantaranya SPT Fingerprint, Letter Store, Photo Take dan Import Data Siswa.

Kelima, fitur pemeliharaan. Didalamnya kita bisa memperbaharui JIBAS maupun melakukan backup, restore data sehingga tetap aman. Menu yang digunakan dalam fitur pemeliharaan diantaranya Backup & Restore dan Live Update.

Keren bukan? Selain kelima fitur diatas, kita bisa mendapatkan dukungan komunitas yang bisa diakses melalui forum JIBAS dari seluruh Indonesia. Itulah JIBAS, CMS untuk kebutuhan sekolah.

Tertarik mencobanya? Kunjungi situs resminya di http://www.jibas.net/content/index/index.php.

(yp/jibas)



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Banner foot-promo-update is not found.