jQuery Rayakan Ulang Tahun ke - 10 dengan Merilis Versi 3.0 Beta

Tepat dihari ulang tahunnya yang ke - 10, jQuery 3.0 mencapai status beta. Lewat artikel di blog.jquery.com, Timmy Willison mengumumkan bahwa ide "jQuery Compat" dibatalkan.

Saat jQuery 3.0 Alpha diumumkan, jQuery 3.0 diklaim akan mendukung hingga IE8 lewat "jQuery Compat 3.0". Namun, karena pada tanggal 12 Januari yang lalu, Microsoft menghentikan dukungan untuk IE8, IE9, dan IE10, ide "jQuery Compat" sudah tak relevan lagi. Dengan demikian, nantinya hanya akan ada satu versi jQuery!Saat ini, ada dua versi jQuery yang banyak digunakan. Kedua versi tersebut adalah jQuery 2 dan jQuery 1. Karena jQuery 2 tidak mendukung Internet Explorer di bawah IE9, maka jQuery 1 terus dikembangkan untuk mendukung IE8.

jQuery sendiri dikembangkan oleh John Resig pada tahun 2006, tepat 10 tahun yang lalu. Ada dua alasan yang mendorong John Resig mengembangkan jQuery pada saat itu.

  1. Mempermudah interaksi dengan DOM.
  2. Mengurangi permasalahan lintas browser yang dihadapi programmer web.

Hari ini, sepuluh tahun setelahnya, jQuery telah menjadi pustaka JavaScript yang paling banyak digunakan. Berdasarkan data dari situs builtwith.com, JavaScript telah digunakan oleh 78% situs yang terdaftar di Internet.

Selamat ulang tahun, jQuery! Semoga pengembanganmu terus berlanjut dan tetap menjadi pustaka JavaScript favorit kami :).

(bas/jquery)

Dilihat 395 kali

Is this helpful?

Share This Post