Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Kenapa Kamu Harus Memilih Mempelajari Bahasa Pemograman Python

Ditulis oleh Padli Nurohman, dipublikasi pada 05 Sep 2016 dalam kategori Info
Kenapa Kamu Harus Memilih Mempelajari Bahasa Pemograman Python - CodePolitan.com

Sebagai bahasa pemograman yang lahir cukup lama, dan baru-baru ini sempat terdengar ketenarannya (khususnya di Indonesia). Banyak komunitas-komunitas dumay yang ramai membicarakan bahasa pemograman yang satu ini, sampai telah banyak sekali situs-situs atau blog pribadi yang menyampaikan informasi terkait Python.

Untuk kamu yang baru, dan penuh dengan pertimbangan dalam memilih bahasa pemograman mana yang akan menjadi nichemu nanti. Artikel ini akan mengajak kamu untuk tahu; Kenapa Kamu Harus Memilih Bahasa Pemograman Python.

Artikel ini hanya akan berfokus membahas keunggulan bahasa Python, yang mungkin akan menjadi pertimbangan dalam daftarmu nanti.
Kamu tahu tidak, sebelum kamu, atau master-master, programmer yang bekerja saat ini menggunakan bahasa Python. Mereka dulunya sama persis seperti kamu; penuh pertimbangan. Satu sampai tiga hari pertimbangan ini tak lekas pudar. Ilustrasi:

pilih C atau C++, C++ aja deh. Ah kayanya...

C++ atau C # ya, C# aja lah. Uh kayanya ini deh...

C# atau Java ya, Ih kok malah...

Pusing ya kalau sampe ngebayangin :-)

Sayapun heran ketika melihat teman sendiri mengalami hal sama. Yang menjadi pertimbangan mereka sebenarnya pada apa, mudahnya atau susahnya dipelajari. Kalau yang menjadikan pertimbangan adalah susahnya, sebenarnya anggapan itu salah. Karena sudah pasti bahasa pemograman apapun akan mudah dipelajari (kalau niat). Bisa saja, mungkin yang menjadi problemnya bukan niat atau tidaknya, tapi memang kebanyakan bahasa pemograman susah dipelajari, seperti C, C++, C# maupun Java. Jika kamu sudah tahu bahwa ada bahasa pemograman yang lebih mudah dipelajari, bahkan sudah sampai terkenal, kenapa tidak menjatuhkan pilihanmu ke bahasa pemograman Python.

Kembali ke programmer. Mereka bisanya disebut programmer Python, dulunya ya seperti kamu. Tetapi, ketika mereka menjatuhkan pilihannya ke bahasa Python, sudah tahu kan seperti apa jadinya. Coba tengok, mereka bisa sampai bekerja di perusahaan besar seperti GooglePlex, YouTube, Facebook. Tentu dengan alasan-alasan berikut mereka memilih bahasa pemograman Python:

  1. Python memiliki konsep desain yang bagus dan sederhana, yang berfokus pada kemudahan dalam penggunaan. Kode Python dirancang untuk mudah dibaca, dipelajari, digunakan ulang, dan dirawat. Selain itu, Python juga mendukung pemograman berorientasi objek dan pemograman fungsional.
  2. Python dapat meningkatkan produktivias dan menghemat waktu bagi para programmer. Untuk memperoleh hasil program yang sama, kode Python juga jauh lebih sedikit dibandngkan dengan kode yang ditulis menggunakan bahasa-bahasa pemograman lain seperti C, C++,C# maupun Java. Coba lihat ilustrasi gambar dibawah ini:14238251_1010697539049119_3411114358937321664_nBagaimana menurut kamu ? Sudah pasti Pyhton lebih sederhana dibanding bahasa-bahasa pemograman lain.
  3. Program yang ditulis menggunakan Python dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi (Unix, Windows, Mac OS X, dll), termasuk untuk perangkat-perangkat mobile.
  4. Python memiliki banyak dukungan pustaka yang dikembangakan oleh pihak ketiga, misalnya pustaka untuk pengembangan web, pengembangan aplikasi visual (berbasis GUI), pengembangan permainan komputer (game), dan masih banyak lagi yang lainnya.
  5. Melalui mekanisme tertenu, kode Python dapat diintegrasikan dengan aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemograman lain. Sebagai contoh, kode Python dapat dipanggil dari kode C/C++, dan begitu juga perkembangan .NET Framework.
  6. Terakhir, Python bersifat gratis atau bebas (free) dan open source, meskipun digunakan untuk kepentingan komersial.

Nah, sudah jelas kan keunggulan yang dimiliki bahasa pemograman Python, dan Kenapa Kamu Harus Memilih Bahasa Pemograman Python :-)

Apakah artikel diatas telah sukses menarik minat kamu ?


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP