Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Kuasai Informasi dengan Big data dan Machine Learning, CodeFest KUDO!

Ditulis oleh Hadyan Palupi, dipublikasi pada 20 May 2016 dalam kategori Info
Kuasai Informasi dengan Big data dan Machine Learning, CodeFest KUDO! - CodePolitan.com

Kamis 14/05 yang lalu KUDO telah melaksanakan seminar dan workshop Codefest yang merupakan rangkaian acara dari CodeFest KUDO yang berakhir pada minggu 29/05 yang akan datang. Seminar CodeFest yang KUDO laksanakan kemarin berfokus pada ilmu teknologi Big Data dan Machine Learning. Dengan mempelajari semua data yang ada, sebuah komputer bisa menemukan pola-pola yang sulit ditemukan analis manusia oleh karena itu mempelajari Big Data dan Machine learning akan membantu kehidupan manusia baik dalam dunia sosial maupun bisnis.

Seminar dan workshop Codefest dibuka oleh CEO KUDO yaitu Albert Lucius yang mengenalkan kepada para peserta seminar tentang ecommerce KUDO dan menjelaskan bahwa pasar ecommerce di Indonesia itu masih sangat luas penetrasi pasar ecommerce jauh dibawah 10%. Ecommerce hanya bisa dinikmati oleh kalangan menengah keatas ataupun orang-orang yang sudah teredukasi dengan teknologi. Salah satu tantangan terbesar dalam pasar ecommerce Indonesia adalah Indonesia yang merupakan negara kepulauan oleh karena itu KUDO dibantu dengan lebih 80 ribu agent akan menjawab tantangan ecommerce di Indonesia.

20160514_101701

Penetrasi pasar ecommerce di Indonesia masih jauh dibawah 10%, oleh karena itulah KUDO hadir menjawab tantangan tersebut.

Albert Lucius menambahkan kebutuhan akan Big data dan Machine learning dalam perusahaan IT khususnya ecommerce sangatlah besar. Big data dan machine learning akan membantu ecommerce dalam hal decision making, analisa user behavior dan masih banyak lagi. Jika ingin menguasai pasar maka hal pertama yang harus dikuasai adalah informasi. informasi adalah raw data yang sangat-sangat penting yang harus dioleh dengan machine learning agar memberikan kesimpulan-kesimpulan yang membantu dalam pengambilan keputusan. Namun sangat disayangkan hal ini tidak didukung oleh ketersedian sumber daya manusia yang cukup, sulitnya mencari talents yang memiliki kemampuan dalam big data dan machine learning ini menjadi tantangan yang cukup berat. Oleh karena itu KUDO melalui CodeFest nya berharap kesadaran programmer untuk belajar memiliki skill dalam Big data dan Machine learning semakin meningkat.

Baca juga: Mengenal Teknologi Machine Learning (Pembelajaran Mesin)

Disesi pertama diisi oleh Imron Zuhri seorang CTO dari Mediatrac. beliau menjelaskan mengenai machine learning mulai dari pengenalan awal hingga penggunaan secara praktis. Machine learning banyak sekali definisinya salah satunya adalah sebuah upaya manusia untuk membuat mesin yang tidak diprogram secara eksplisit dan memiliki kemampuan improve akurasi setiap kali dijalankan berdasarkan pengalaman yang didapat mesin tersebut sebelumnya.

20160514_104237

"Machine learning bukanlah mesin pintar seperti black box, yang dapat mengeluarkan setiap jawaban"

CTO Mediatrac tersebut menambahkan bahwa yang perlu diperhatikan dan diingat oleh programmer bahwa machine learning ini bukanlah sebuah mesin pintar namun machine learning tetaplah sebuah mesin yang tidak pintar sehingga preparation itu sangat penting. machine learning bukan sebuah black box yang dimasukkan persoalan keluar jawaban tapi setidaknya punya harapan untuk agak pintar. Contoh Kelebihan yang dimiliki oleh machine learning adalah bisa digunakan dalam data mining, mengerjakan sesuatu yang jika menggunakan pemogramman biasa terlalu ribet karena terlalu banyak variabel, membuat model perilaku user dan masih banyak lagi.

Berikut slide presentasi dari Imron Zuhri :

http://www.slideshare.net/slideshow/embed_code/key/2kiNP4boX6mP3i

 

Pada sesi kedua dibahas tentang Big Data pemateri pada sesi ini ialah Jony Sugianto yang pernah berpengalaman pada Researcher Detik.com. beliau menjelaskan apa itu big data, analisa big data, pengenalan tools big data platform dan praktis sederhana dari analisa big data. big data merupakan suatu pencatatan dari setiap aktivitas, semakin banyak aktivias semakin besar jumlah data yang akan dihasilkan namun apa gunanya data yang banyak jika hanya sekedar data. Inti dari big data adalah bagaimana membuat dari data yang banyak itu bisa diolah dan menghasilkan data yang beharga.

20160514_113355

"Hal terpenting dalam sebuah Big data adalah analisa"

Dalam sesi kedua ini dibahas tuntas apa saja yang bisa kita lakukan dengan data-data yang banyak. bagaimana menganalisis data-data yang besar tersebut disertai dengan praktik sederhana yang tampilkan oleh Bapak Jony. Dahulu menganalisa data yang besar membutuhkan effort yang besar namun saat ini dibantu oleh tools memudahkan dalam mengolah data besar untuk menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang dibutuhkan oleh user.

Baca juga: Ikuti Langkah Google, Microsoft Open Source-kan Aplikasi Machine Learning Miliknya

Berikut adalah slide yang dijelaskan oleh pemateri :

http://www.slideshare.net/slideshow/embed_code/key/KWqERaqaKwaTH8

 

Pada sesi terakhir ini diisi oleh seorang wanita yang saat ini menjabat sebagai ketua Female Geek Indonesia Anne Regina NT. Setelah pada sesi awal dijelaskan mengenai machine learning dan Big data maka pada sesi ini dijelaskan bagaimana menggabungkan antara Data Mining dan machine learning. namun karena bahasan yang luas beliau hanya hanya menjelaskan contoh kecil yaitu dalam hal user profilling.

DSC_03421

Anne Regina menjelaskan data mining dalam sesinya, karena data mining tidak hanya mencakup Big data namun juga mencakup keseluruhan data yang dimiliki dalam hal ini profil user dan menggambarkan bagaimana penggunaan machine learning dan macam-macam algoritma yang bisa digunakan dalam data mining tersebut untuk nantinya mendapatkan hasil yang diinginkan.

Berikut adalah Slide materi yang disampaikan:

http://www.slideshare.net/slideshow/embed_code/key/xiwUsUJxbDJ66E

 

Seminar dan workshop mengenai Big data dan Machine learning ini merupakan rangkaian acara yang dilaksanakan oleh KUDO, acara selanjutnya adalah hackathon. Untuk para programmer yang tertarik mengikuti ajang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menjadi wadah berkreasi anak Bangsa dalam bidang machine learning dan big data. silahkan melihat informasi di CodeFest-Kompetisi Machine Learning dan big data pertama di Indonesia


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP