LINE Bot Developer Challenge

LINE Bot Developer Challenge adalah sebuah kompetisi terbuka bagi developer individu maupun perusahaan startup untuk membuat sebuah produk berbasis LINE ChatBot melalui messaging API.

Sebelumnya mungkin sebagian dari anda sudah mengenal adanya LINE@, sebuah solusi bisnis dari LINE yang dapat melakukan broadcasting, timeline post, 1:1 chat dengan multiple admin, kupon, keyword reply, dan statistics. Namun dengan hadir nya LINE ChatBot yang dapat menghubungkan antara solusi yang anda buat dengan LINE user, tentunya LINE ChatBot ini dapat membantu anda untuk mengembangkan sebuah produk yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Untuk itu LINE bekerja sama dengan Dicoding Indonesia mengadakan sebuah challenge untuk menantang developer di tanah air untuk membuat sebuah produk digital berbasis LINE ChatBot yang dapat membantu dan berguna untuk seluruh masyarakat di Indonesia.

Kategori LINE ChatBot:

Kategori untuk LINE ChatBot ini kami bagi menjadi 2 yaitu :

  • Kategori Utillitas Untuk bot yang membuat tugas sehari-hari lebih mudah, dan membuat hidup manusia bermanfaat. Bot pencarian atau reservasi, penghargaan ini akan diberikan ke bot yang menunjukkan potensi tinggi untuk diadopsi oleh pengguna.
  • Kategori Game Terlepas dari konten game, penghargaan ini untuk game bot yang sangat interaktif dan dapat mendekatkan antar pengguna.

Kriteria Utama:

  • LINE ChatBot sudah harus dapat berjalan dan dapat langsung digunakan oleh masyarakat.
  • Konten yang dipakai untuk pembuatan LINE ChatBot harus orisinil, peserta yang menggunakan asset pihak lain tanpa ijin/lisensi akan didiskualifikasi.
  • Juri terdiri dari tim LINE dan Dicoding Indonesia
  • Keputusan juri adalah final.

Jadwal:

  • 1 Februari 2017 – Registrasi dan awal mulai kompetisi
  • 31 Maret 2017 – Penutupan submission dan akhir kompetisi
  • 5 April 2017 – Pengumuman pemenang

Referensi Development:

  • Kami telah membuat tutorial untuk membuat LINE ChatBot menggunakan PHP dan Java yang dapat dipelajari di LINE ChatBot Developer Academy – gratis dan berhadiah 200 point dicoding (Coming Soon)

LINE Bot Developer Roadshow:

Kriteria Penilaian:

  • Pendekatan Untuk bot yang interaktif dengan para penggunanya, yang paling penting untuk diperhatikan oleh para juri adalah seberapa besar mereka mendekatkan diri ke penggunanya. Pikirkan mengenai bantuan apa yang akan diberikan bot ke penggunanya, serta berapa lama atau banyak masalah yang dihadapi pengguna.
  • Adopsi pengguna Bots yang memberi kemudahan terhadap penggunanya akan mudah diterma oleh para penggunanya. Dari poin penilaian ini, kami akan menghitung secara digital seberapa banyak teman LINE yang anda buat. Dibandingkan yang lainnya, bots yang sudah mulai dan memiliki teman, memiliki keuntungan. Seperti yang telah terjadi, Rinna Berhasil mendapatkan 4 juta teman. Kita menantang anda untuk mengalahkannya.
  • Kreativitas Terdapat banyak jenis layanan bots, namun kita pasti mencari bot yang kreatif tetapi juga menggunakan fitur yang disediakan LINE secara maksimal, dan memberikan banyak manfaat. Kami ingin melihat bot yang ingin digunakan pengguna LINE, seperti LINE bots yang bisa digunakan dalam kelompok atau pekerjaan dengan LINE LOGIN yang menyadiakan akses halaman internet.
  • Dampak Kami berharap bots memberikan dampak bagi penggunanya, merubah kehidupan sehari-hari maupun pola interaksi para penggunanya. Ketika anda ingin mempermudah hidup anda, kami juga mendukung anda untuk membantu sesama. Think Big!
  • Keberlanjutan jangka panjang Terdapat banyak ide jangka pendek yg bagus untuk bots, tapi kami akan lebih memperhatikan yang lebih berpotensi untuk dilanjutkan dalam waktu yang lama setelah bots awards untuk menciptakan bisnis baru.

 

Hadiah:

100 submission di LINE Bot Developer Challenge yang sesuai kriteria akan mendapatkan 2,000 Dicoding Point. Dan untuk karya terbaik di masing masing kategori akan mendapatkan hadiah tambahan berikut :

  • Kategori Game Juara 1 – Uang tunai sejumlah IDR 100,000,000 Juara 2 – Uang tunai sejumlah IDR 75,000,000 Juara 3 – Uang tunai sejumlah IDR 50,000,000
  • Kategori Utillitas Juara 1 – Uang tunai sejumlah IDR 100,000,000 Juara 2 – Uang tunai sejumlah IDR 75,000,000 Juara 3 – Uang tunai sejumlah IDR 50,000,000
  • Kategori Student Juara 1 – Uang tunai sejumlah IDR 50,000,000 Juara 2 – Uang tunai sejumlah IDR 30,000,000 Juara 3 – Uang tunai sejumlah IDR 20,000,000

Selain itu para pemenang berkesempatan untuk berkerja sama dengan LINE (sebagai intern, full time, maupun partner)

Fasilitas Pendukung:

  • Seluruh follower challenge LINE Bot Developer Challenge dapat menggunakan fasilitas Coworking Space di Dicoding Space, Jalan Batik Kumeli 50 Bandung.

Informasi Lebih Lanjut:

https://www.dicoding.com/challenges/149

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post