waktu tersisa untuk klaim Potongan harga Rp 300.000 dalam program Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Melihat Halaman HTML Pertama di Dunia

Ditulis oleh Bagus Aji Santoso, dipublikasi pada 20 Jan 2016 dalam kategori Info
Melihat Halaman HTML Pertama di Dunia - CodePolitan.com

Pembaca mungkin telah mengenal Tim Berners-Lee, sang pembuat World Wide Web. Dahulu kala, pada tanggal 6 Agustus 1991, beliau merilis halaman web pertama didunia saat masih bekerja di CERN. Halaman web ini dapat pembaca akses lewat alamat http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html.

[caption id="attachment_7016" align="aligncenter" width="700"]Halaman web pertama Halaman web pertama[/caption]

Tampilan halaman web pertama di dunia memang tampak biasa-biasa saja, mirip dengan halaman web pertama yang kita buat saat masih belajar HTML. Wajar saja, karena pada saat pertama kali dikenalkan, HTML belum memiliki pasangan (CSS). Sekarang, mari kitacoba intip kode HTML dari halaman web pertama di dunia ini.

The World Wide Web project

World Wide Web

The WorldWideWeb (W3) is a wide-area hypermedia information retrieval initiative aiming to give universal access to a large universe of documents.

Everything there is online about W3 is linked directly or indirectly to this document, including an executive summary of the project, Mailing lists , Policy , November's W3 news , Frequently Asked Questions .

Baca juga: 9 Bahasa Pemrograman yang Dibuat Oleh Wanita

Inilah kode-kode HTML pertama yang ditulis oleh Tim Berners-Lee. Dapat kita lihat bahwa halaman web ini tidak menggunakan tag , karena memang pada saat itu masih belum ada aturannya. Tag-tag dan atribut yang dituliskan juga menggunakan huruf kapital (dewasa ini penggunaan huruf kapital untuk tag dan atribut tidak disarankan).

Ternyata, kecanggihan HTML5 yang saat ini temukan dimulai oleh satu halaman ini. Berkat jasa Tim Berners-Lee dan World Wide Web Consortium (organisasi yang mengatur pengembangan HTML) selama bertahun-tahun untuk terus menyempurnakan HTML kita dapat mengenal YouTube, Facebook, Twitter, bahkan Codepolitan.

(bas)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP