Mengenal Cherokee Web Server

Cherokee adalah sebuah inovasi web server dengan performa yang sangat cepat, yang diperkaya dengan berbagai fitur, Cherokee mempunyai kecepatan, fleksibel dan mudah untuk di konfigurasi karena Cherokee web server ini  open source dan web server ini di desain untuk generasi selanjutnya dengan konkurensi keamanan aplikasi web.

Fitur yang dimiliki oleh Cherokee

  • User friendly, semua konfigurasi sudah ada di Cherokee-admin, dengan web interface yang bagus.
  • Mempunyai teknologi yang modern, Cherokee mendukung dengan widespread web teknologi seperti: FastCGI, SCGI, PHP, uWSGI, SSI, CGI, LDAP, TLS/SSL. HTTP Proxying, Video Streaming, Content Caching, Traffic shaping, dll.
  • Cross Platform, Cherokee bisa berjalan di Linux, Mac OS, Solaris, dan BSD.

Di antara banyak fitur yang ada di Cherokee ada satu yang pantas mendapat sorotan. Cherokee mempunyai interface yang ramah dan memudahkan user, untuk  menampilkan interface kita bisa memanggil Cherokee-admin di lokasi root nya /path-to-cherokee/sbin/Cherokee-admin. Dan nantinya akan muncul interface seperti berikut:

cherokee

Ini adalah interface dari Cherokee. Kamu bisa mengkonfigurasi webserver tanpa harus takut untuk mengedit sebuah file teks tertulis dengan sintaks tertentu.

Tidak seperti banyak server web diluar sana, Cherokee mampu menangani banyak koneksi konkuren, mempunyai jejak memori yang rendah, dan menyediakan fasilitas load balancing. Dengan demikian, Cherokee sangat cocok untuk penggunaan di antara berbagai system.

Dengan hanya meng-upgrade server web yang ada untuk Cherokee, Kamu benar-benar dapat melipatgandakan kinerja hardware yang ada, memperpanjang siklus hidupnya atau memungkinkan Anda untuk memiliki resource yang lebih kecil, lebih efisien, kompak dan mudah untuk mempertahankan infrastruktur TI.

Untuk dapat berkontribusi ataupun melaporkan terjadinya bugs bisa bergabung di github Cherokee Project. dan bila ingin mencoba menggunakan cherokee sebagai web server anda anda bisa mendowload Cherokee Project Download. Dokumentasi dapat dilihat di cherokee Documentation.

 

Sumber: Cherokee Project

Dilihat 2201 kali

Is this helpful?

Share This Post