Mengenal Fabien Potencier Sang Kreator Symfony Framework

Ditulis oleh Ridwan Fajar, dipublikasi pada 10 May 2016 dalam kategori Tokoh
Mengenal Fabien Potencier Sang Kreator Symfony Framework - CodePolitan.com

Symfony merupakan salah satu fullstack web framework PHP yang berjaya dan bersaing dengan web framework lain seperti Zend Framework, Yii Framework, CodeIgniter, dan Laravel. Laravel sendiri bahkan menggunakan beberapa komponen Symfony untuk menjadi pijakan dasar dari semua kode program di dalam Laravel. Symfony pun digunakan oleh beberapa content management system seperti Drupal dan Joomla. Symfony pun digunakan oleh e-commerce engine seperti Magento. Symfony dapat diklaim sebagai salah satu web framework yang terbaik karena memiliki sejumlah dokumen yang cukup tebal dan lengkap sehingga web developer dapat mempelajarinya sebagai pijakan awal yang lebih cepat. Selain itu, Symfony pun memiliki web framework yang dikhususkan untuk pembangunan RESTful API yang bernama Silex.

Kemajuan Symfony tidak lepas dari tangan seorang Fabien Potencier. Seorang berkebangsaan Perancis ini merupakan pemrakarsa dan pencipta Symfony. Kini Symfony berada di bawah pengawasan Sensio Labs yang juga merupakan perusahaan besutan Fabien. Di Sensio Labs, Fabien menjabat sebagai CEO. Fabien menempuh pendidikan sarjana di Ecole Nationale Suprerieure des Mines de Nancy (1994 - 1997) dan meraih gelar Mastere Enterpreneurs dari HEC School of Management (1997 - 1998).

[caption id="attachment_9571" align="aligncenter" width="500"]Fabien Potencier, pencipta Symfonfy Web Framework dan pendiri SensioLabs Fabien Potencier, pencipta Symfonfy Web Framework dan pendiri SensioLabs[/caption]

Baca juga: Berbagai Tipe Programmer Berdasarkan Framework

Bertempat tinggal di Paris, Perancis, Fabien mengelola dua perusahaan yaitu BlackFire dan Sensio Labs. Serta menjadi project leader untuk pengembangan Symfony selama 12 tahun lebih. Symfony dirilis pertama kali pada Oktober 2005. Sudah pasti Fabien sangat menguasai Symfony dan PHP, selain itu Fabien menguasai juga Git, MySQL, Apache, jQuery, CSS, Nginx, dan HTML5. Selain tools, Fabien menguasai juga topik seputar cloud computing, web services, mobile applications, e-commerce, dan lainnya.

Beberapa buku yang pernah disusunnya antara lain:

  • The Definitive Guide to Symfony, Apress, Fabien Potencier & Francois Zaninotto
  • Practical Symfony, Sensio Labs Books, Fabien Potencier
  • Symfony, Mieux Developper en PHP avec Smfony 1.2 et Doctrine, Eyrolles, Fabien Potencier Hugo Hamon

Anda dapat mengikuti sejumlah pemikiran dan berita terkini seputar Fabien Potencier di:

(rfs/wikipedia/linkedin)



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.