FLASH SALE! Potongan harga gak ngotak, DISKON 40% semua program belajar. KLAIM PROMO
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Mengenal Guru Besar Yii: Qiang Xue

Ditulis oleh Ridwan Fajar, dipublikasi pada 05 May 2016 dalam kategori Tokoh
Mengenal Guru Besar Yii: Qiang Xue - CodePolitan.com

Yii merupakan sebuah web framework yang memiliki performa tinggi untuk membangun aplikasi dan API. Yii sudah memiliki dua versi mayor, yaitu 1.0 dan 2.0. Yii memiliki dokumentasi yang sangat baik dan dukungan komunitas yang tinggi. Yii mempunyai beberapa board member yang ikut andil dalam mengatur rilis Yii. Yii memiliki beberapa fitur yang sangat diandalkan penggunanya untuk membangun aplikasi web seperti rule based access controller, gii: crud generator, templating system, yii migration, authorization & authentication, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri, Yii merupakan salah satu web framework PHP yang memiliki banyak massa. Di Facebook sendiri terdapat sebuah grup yang bernama Yii Framework PHP Indonesia yang dikelola oleh Peter Jack Kambey bersama rekannya. Grup tersebut cukup sering mengadakan event baik itu tentang Yii ataupun PHP secara umum. Tidak hanya massa, buku teks yang membahas Yii pun cukup banyak dijual di pasaran. Banyak penerbit buku informatika yang memiliki koleksi buku Yii untuk dijual kepada pengguna Yii.

[caption id="attachment_9523" align="aligncenter" width="337"]Kreator Yii Framework, Qiang Xue Kreator Yii Framework, Qiang Xue[/caption]

Pengembangan Yii tidak lepas dari seseorang yang bernama Qiang Xue. Qiang merupakan seorang berkebangsaan Republik Rakyat Tiongkok yang tinggal di Amerika Serikat. Qiang memulai proyek pengembangan Yii pada tahun 2006. Sebelumnya Qiang mengembangkan sebuah web framework yang bernama Prado, namu kini lebih memilih fokus pada pengembangan Yii. Qiang Xue menempuh jalur akademisnya sebagai sarjana ilmu komputer (1992 - 1996) dan magister ilmu komputer (1996 - 1999) di Zhejiang University. Kemudian menyelesaikan Ph.d di bidang ilmu komputer (1999 - 2005) di Duke University.

Baca juga Rick Ellis, Tokoh Dibalik Framework CodeIgniter

Qiang Xue sudah menjajaki dunia software development selama 20 tahun. Keahliannya adalah membangun framework, enterprise architecture, business intelligence, dan cloud computing. Selain itu Qiang merupakan praktisi test-driven development dan agile methodology. Qiang pernah bekerja sebagai Managing Architect di Microstrategy (Juli 2005 - Februari 2015), kemudian sekarang pindah ke Capital One dan menjabat sebagai Technical Fellow (Februari 2015 hingga sekarang). Sejak Yii berdiri hingga 2016 ini, Qiang masih terlibat dalam sejumlah diskusi untuk pengembangan Yii. Saat ini Qiang sedang fokus pada pengembangan proyek yang menggunakan bahasa pemrograman Go.

Qiang juga menyukai bahasa pemrograman lain seperti Go, Javascript, PHP, Java, C/C++, Node.js, SQL. Selain itu Qiang juga menaruh perhatian pada Javascript framework seperti React.js, Redux, dan Angular.js. Qiang memiliki keahlian pada infrastruktur seperti MySQL, AWS, Git, PostgreSQL, dan Restful API.

Yii 1.0 dirilis pada tanggal 3 Desember 2008 ketika rilis publik, sedangkan Yii 2.0 diperkenalkan kepada publik pada Oktober 2014 dengan tujuan untuk menjadi Yii yang lebihbaik dengan mengadopsi teknologi terkini dan fitur yang membuat pengembangan aplikasi lebih baik.

Di Indonesia sendiri ada salah satu kontributor utama Yii, yaitu Misbahul D. Munir. Beliau aktif memberikan jawaban dan pembahasan di grup Yii PHP Framework Indonesia. Tidak hanya beliau, ada juga salah satu anggota grup yang aktif dalam membahas Yii, yaitu Hafid Mukhlasin. Beliau memiliki blog yang memiliki banyak tulisan tentang Yii dan Yii2, dan baru - baru ini sudah merilis buku tentang Yii yang bekerja sama langsung dengan Alexander Makarov (SamDark).

Anda dapat melihat profil lengkap Qiang Xue di halaman LinkedIn miliknya.

p.s.: beberapa koreksi seputar waktu awal pengembangan Yii dan kegiatan Qiang saat ini dikoreksi langsung oleh Alexander Makarov (SamDark).

(rfs/wikipedia/linkedin/yiiframework)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP

Artikel Lainnya