Mengenal Intel XDK, Perangkat Development untuk Membangun Aplikasi Cross-Platform

Ditulis oleh Toni Haryanto, dipublikasi pada 14 Jun 2016 dalam kategori What Is?
Mengenal Intel XDK, Perangkat Development untuk Membangun Aplikasi Cross-Platform - CodePolitan.com

Siapa yang tidak mengenal Intel, sebuah perusahaan raksasa produsen mikroprosesor yang menjadi otak bagi jutaan komputer, laptop dan gadget. Intel adalah raksasa di belakang layar, di balik banyak teknologi lainnya yang membutuhkan performa komputasi yang sangat tinggi. Dan di antara bisnis utamanya yang ada di level korporasi, business to business, Intel juga menyediakan ruang bagi komunitas programmer untuk turut berkembang bersama teknologi yang mereka lahirkan. Intel XDK adalah salah satu produknya.

Intel XDK adalah development kit yang dibuat oleh Intel untuk membuat aplikasi native untuk perangkat mobile menggunakan teknologi web seperti HTML5, CSS dan JavaScript. Aplikasi web dikompilasi menggunakan platform Cordova di server online untuk membuat aplikasi hybridyang cross-platform. Aplikasi Intel XDK sendiri adalah aplikasi cross-platform yang tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux dan OSX. Dengan teknologi seperti ini, developer dapat membuat satu aplikasi yang dapat berjalan di banyak platform mobile hanya dengan menggunakan satu basis kode saja.

Baca juga: Ini Dia Perbedaan Aplikasi Native, Hybrid atau Web

Dengan Intel XDK, developer dapat mengompilasi aplikasinya secara online sehingga tidak perlu menginstal berbagai tools seperti Cordova, SDK dan lain sebagainya di komputer sendiri. Dan yang lebih menarik lagi, Intel XDK tidak hanya menyediakan online compiling, tapi juga segala kebutuhan fase development seperti koding, testing, debugging, hingga publishing ke online mobile store seperti App Store dan Play Store.

[caption id="attachment_10384" align="alignnone" width="700"]tes Brackets code editor pada Intel XDK[/caption]

Intel XDK membenamkan code editor Brackets beserta keunggulan fiturnya seperti code hinting dan code completion sehingga sangat memudahkan proses penulisan kode. Developer juga dapat mengetes aplikasi yang sedang dibangun menggunakan emulator sehingga tidak perlu proses yang lama untuk dapat melihat progres-progres kecil. Developer juga dapat melakukan device testing dengan bantuan aplikasi mobile Intel App Preview agar developer tidak perlu menginstal aplikasi di device untuk melakukan testing.

[caption id="attachment_10381" align="alignnone" width="700"]Jendela emulator pada Intel XDK Jendela emulator pada Intel XDK[/caption]

Intel XDK juga menyediakan berbagai template aplikasi dan game dengan berbagai framework aplikasi seperti Ionic, AppFramework, dan framework game seperti Cocos2d-JS, EaselJS, Phaser, Pixi, BabylonJS dan Three.js. Dan bagi developer pemula yang ingin belajar membuat aplikasi atau game mobile, Intel XDK sudah menyediakan banyak sample dan demo aplikasi yang dapat langsung diamati kode program dan juga hasilnya.

Baca juga: Membuat Game Android Mudah dengan Intel XDK - Construct 2

[caption id="attachment_10382" align="alignnone" width="700"]Beberapa sampel game tersedia untuk belajar dan pengembangan lebih lanjut Beberapa sampel game tersedia untuk belajar dan pengembangan lebih lanjut[/caption]

Hingga detik ini, Intel XDK sudah mendukung beberapa platform mobile populer diantaranya Android, iOS, Windows 8, Windows Phone 8.1, Windows 10, serta ekspor ke paket Chrome App.

Baca juga: Membuat Aplikasi Android Jadwal Waktu Sholat dan Imsak Menggunakan Intel XDK

[caption id="attachment_10385" align="alignnone" width="700"]intel-xdk-build Target platform clompile app pada Intel XDK[/caption]

 

Referensi:
https://software.intel.com/en-us/intel-xdk
https://en.wikipedia.org/wiki/Intel_XDK



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.