Promo Lebaran, Kelas Online CODEPOLITAN Cukup Bayar Setengah Harga KLAIM PROMO
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Mengenal Matt Mullenweg, Programmer Dibalik Wordpress

Ditulis oleh Andri Priyanto, dipublikasi pada 04 Feb 2015 dalam kategori Tokoh
Mengenal Matt Mullenweg, Programmer Dibalik Wordpress - CodePolitan.com

Sebagian besar dari kita tentu saja sudah mengetahui Wordpress, sebuah CMS berbasis PHP yang dapat kita gunakan secara gratis dan juga dapat dimodifikasi sesuai dengan kehendak kita. Namun apakah sudah banyak yang mengetahui siapakah programmer yang membangun Wordpress ini?

Dia adalah Matthew Charles Mullenweg atau yang dikenal dengan nama Matt Mullenweg, pria yang terlahir di Houston, Texas 11 Januari 1984, dia adalah pendiri sekaligus pengembang Wordpress. Matt bersekolah di SMA pada bidang Seni Visual dan Pertunjukan dan mendalami alat musik jazz saksofon. Kemudian melanjutkan ke bangku kuliah di University of Houston jurusan Politik yang pada akhirnya drop out di tahun 2004 untuk bekerja di jaringan CNET.

Meskipun tidak memiliki latar belakang pendidikan dibidang teknologi komputer dan programming, Matt berhasil mendirikan serta mengembangkan software yang kini sangat terkenal yakni WordPress.com, Akismet, dan bisnis Automattic-nya.

[caption id="attachment_3012" align="aligncenter" width="350"]Matt Mullenweg Saat Mengikuti WordCamp Bulgaria 2011. Sumber: wikipedia.org Matt Mullenweg Saat Mengikuti WordCamp Bulgaria 2011.
Sumber: wikipedia.org[/caption]

Di tahun 2002, Matt mulai menggunakan fasilitas blog pada b2cafeblog untuk mempublikasikan foto-fotonya selama perjalanan ke Washington DC. Namun beberapa bulan kemudian blog bbpress tempat Matt menyimpan foto-fotonya tersebut dihentikan pengembanganya oleh pengembang bbpress. Bermula dari hal tersebut muncullah pemikiran kreatif dari Matt, pada Januari 2003 blog b2 mulai dikembangkan lagi agar sesuai dengan standard web pada saat itu. Akhirnya Matt bersama Mike Little mulai memgembangkan koding WordPress berbasis b2. Kemudian, Mike dan Matt bersama Michel Valdrighi (mantan pengembang b2), mulai aktif mengembangkan WordPress hingga lahirlah WordPress yang kita kenal saat ini. Pada 27 Mei 2003, WordPress versi 0.70 dirilis. Versi 0.7 ini masih mengandung struktur file yang sama dengan pendahulunya, b2cafelog.

Kemudian pada Maret 2003, Matt bersama rekanya mulai mendirikan GMPG dengan format yang lebih kompleks daripada HTML. Setahun kemudian WordPress meluncurkan fasilitas Ping-O-Matic yang berguna untuk mengirimkan notifikasi kepada search engine blog seperti Technorati misalnya. Dan sampai saat ini Ping-O-Matic telah melayani lebih dari 1 juta ping setiap harinya.

Meskipun Matt adalah mahasiswa drop out dari kampusnya, ia berhasil menjadi pengusaha muda yang sukses. Pada tahun 2007 dia dinobatkan sebagai 16 dari 50 orang terpenting di dunia internet oleh PC World. Dan pada pertengahan Januari 2009 Matt berkunjung ke Indonesia dalam rangka menghadiri Wordcamp Indonesia 2009 - “1st Annual Conference for Indonesian WordPress Enthusiasts”.

(ap/wordpress)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP