Mengenal Sekilas Jenis-Jenis Flowchart Pada Pemrograman

Ditulis oleh Ega Gumilar Pratama, dipublikasi pada 11 Feb 2017 dalam kategori Tutorial
Mengenal Sekilas Jenis-Jenis Flowchart Pada Pemrograman - CodePolitan.com

Flowchart atau diagram alir adalah suatu bagan diagram dengan simbol simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma secara detail dan prosedur sistem secara logika.
Flowchart ini bisa memberikan solusi selangkah demi selangkah untuk menyelesaikan masalah yang ada di dalam proses.

Di dalam praktiknya flowchart ini digunakan untuk membuat suatu program menjadi sempurna. misalnya, bagi anak smk untuk ujian akhir atau mahasiswa jurusan IT di setiap makalahnya. Nanti juga kalian akan bertemu dengan namanya DFD (Data Flow Diagram) dan ERD (Entity Relationship Diagram)

Jenis-Jenis Flowchart

  • Flowchart Dokumen adalah
    Jenisflowchart yang menunjukan kontrol sebuah sistem aliran dokumen.
    Bagan dari flowchart data ini menunjukan arus data dari laporan dan formulir tembusan.
  • Flowchart Data adalah
    Jenis flowchart yang menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran data.
  • Flowchart Sistem adalah
    Jenis flowchart yang menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran secara fisik.
    Bagan dariflowchart data ini menunjukan apa yang dikerjakan oleh sebuah sistem.
  • FlowchartProgram adalah
    Jenis flowchart yang menunjukkan kontrol dari sebuah program dalam sebuah sistem.Bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program.

Simbol - simbol flowchart :

Contoh flowchart program bank di sekolah :

Penjelasan :

  • Di atas kita memulai dengan menabung jadi flowchart yang di pakai adalah transmisi.
  • Proses yang kedua adalah mengisi formulir, mengisi formulir adalah suatu proses menulis dan mengisi data jadi kita memakaiflowchart proses atau langkah.
  • Alur selanjutnya berbeda dari yang 2 tadi itu karena prosesnya masih di tanda tanyakan bisa di terima ataupun di tolak oleh pegawai jadiflowchartnya memakai titik keputusan.
  • Proses selanjutnya mengisikan data ke buku besar, sebuah data yang ada di formulir tadi harus di inputkan dan di tulis ke buku besar supaya bila ada kesalahan bisa terlihat disana flowchartnya memakai masukan dan keluaran data.
  • Langkah ke 5 mendokumentasikan formulir ini lah suatu proses yang harus benar benar teliti karena bila ada kehilangan atau komplen bisa melihat disini, flowchartnya memakai proses atau langkah .
  • Selanjutnya pegawai memparaf dan memberikan buku tabungannya kepada siswa alur ini memakaiflowchart proses atau langkah .
  • Sesudah proses tadi alur menabung siswa sudah selesai dan flowchartnya memakai transmisi. Itulah sebuah flowchart program menabung siswa di sekolah.

Demikian Tutorial singkat ini, saya harap kalian dapat mengertiflowchart ini untuk pertanyaan bisa dituliskan di kolom komentar. Terimakasih.

Referensi :
Diagram alir
Flowchart Sistem



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Ingin belajar coding lebih terstruktur? Gabung kelas online CodePolitan sekarang!