Mengenal Webkit

Ditulis oleh Ade Mustofa, dipublikasi pada 04 Aug 2016 dalam kategori What Is?
Mengenal Webkit - CodePolitan.com

Hallo Guys, Mungkin dari kalian sudah ada yang mengenal atau familiar dengan Webkit, nah bagi yang belum tau saya ada sedikit pembahasan nih tentang webkit. Ok langsung aja.

Webkit adalah sebuah mesin layout yang diesain agar browser dapat merender halaman web yang dikembangkan oleh Apple, KDE dan perusahaan lainnya. Webkit kini menjadi komponen dasar dari penjelajah web browser seperti Apple safari dan Google Chrome.

Awalnya webkit dimulai pada tahun 1998 sebagai proyek KDE sebagai mesin rendering KHTML dan digabungkan dengan proyek KDE javascript engine (KJS). Kemudian proyek Webkit dimulai oleh Don Melton dari Apple pada tanggal 25 juni 2001 sebagai pengembangan lanjutan atas proyek sebelumnya yaitu KHTML dan KJS. Selanjutnya pada tahun 2007 mereka mulai mengimplementasikan CSS pada Webkit dengan menyertakan transmisi animasi 2d dan 3d. Disaat yang sama mereka mengumumkan bahwa Webkit kini mendukung untuk HTML5.

Pada 8 april 2010 mereka mengumumkan bahwa webkit mempunyai versi baru yaitu Webkit2. Webkit2 dirancang dari bawah untuk mendukung proses SPLIT (pemisahan) dimana konten web (JS, HTML) dijalankan melalui proses yang berbeda dari proses induknya agar lebih mudah digunakan.

Kegunaan Webkit

WebKit digunakan sebagai mesin rendering dalam Safari dan sebelumnya digunakan oleh web browser Google Chrome di Windows, OS X, iOS dan Android sebelum versi 4.4 KitKat. Chrome kini hanya menggunakan WebCore, dan juga tergabung mesin JavaScript sendiri disebut V8 dan multi sistem proses. Aplikasi lain pada OS X yang menggunakan WebKit, seperti Apple's e-mail client Mail dan versi 2008 dari Microsoft Entourage personal information manager. Keduanya menggunakan WebKit untuk membuat pesan e-mail dengan konten HTML.

webkit2

Pada bulan juli 2012, berdasarkan StatCounter, webkit mendapatkan lebih dari 40% kue di pasar penjelajah web. Webkit kini menjadi dasar utama pada browser default dari IOS, Android, Tablet Blackberry, dan sistem operasi webOS. Webkit juga menyediakan sekumpulan kelas untuk menampilkan isi pada jendela dan menerapkannya pada fitur penjelajah web. Misalnya mengikuti tautan ketika di-klik oleh pengguna, mengatur daftar kembali-maju dan rekaman halaman yang baru saja dikunjungi. Agar bekerja dengan maksimal webkit memiliki beberapa komponen yaitu WebCore dan JavascriptCore yang tersedia dibawah lisensi GNU LGPL. Sisanya tersedia dibawah lisensi BSD-Form.

 

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/WebKit
http://crackcommamazing.blogspot.co.id/2015/01/apakah-webkit-itu.html



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.