Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Mengenal WebRTC

Ditulis oleh Bagus Aji Santoso, dipublikasi pada 19 Sep 2017 dalam kategori Info
Mengenal WebRTC - CodePolitan.com

Apa itu WebRTC?

WebRTC adalah sebuah spesifikasi HTML5 yang membuat pengguna dapat menambahkan komunitasi real time langsung dari browser ke perangkat-perangkat lainnya. Secara sederhana WebRTC memperbolehkan kita untuk melakukan komunikasi menggunakan video dan suara langsung di dalam halaman web tanpa perlu memasang plugin apa pun.

WebRTC telah diumumkan sejak tahun 2011 dan sejak saat itu popularitas serta pengadopsiannya terus meningkat. Pada tahun 2016 saja kurang lebih terdapat 2 miliar browser terpasang yang dapat bekerja dengan WebRTC. Dari segi traffic, WebRTC telah melakukan komunikasi lebih dari satu miliar menit dan 500 terabyte data yang dikirimkan tiap minggunya. Dewasa ini, WebRTC sangat populer untuk melakukan video call, namun kemampuannya tak hanya sebatas itu.

Baca juga: Membuat Aplikasi WebRTC Video Chat

Beberapa hal yang perlu diketahui dari WebRTC:

  • Gratis
  • Proyek open source yang sudah terpasang di browser namun dapat diambil dan dipakai sesuai kebutuhan
  • Karena sifatnya ini WebRTC menciptakan suatu ekosistem dimana kita dapat memanfaatkan proyek atau framework open source lain memanfaatkannya. Bahkan kita juga dapat memanfaatkan layanan komersil WebRTC untuk membangun produk sendiri
  • Karena WebRTC terus berkembang, kita wajib mengikuti perkembangannya.

Bagaimana Cara Kerja WebRTC

API

Beberapa tahun yang lalu apabila ingin membuat sesuatu yang dapat melakukan panggilan suara atau video, kita wajib menggunakan C/C++. Penggunaan bahasa ini mengakibatkan proses pengembangan yang panjang serta biaya pengembangan yang lebih tinggi.

WebRTC mengubah hal tersebut. Ia mengganti kebutuhan akan C/C++ dengan Javascript API.

WebRTC menyediakan Javascript API yang dapat kita gunakan di dalam browser. Hal ini membuat kita menjadi lebih mudah untuk mengembangkan produk yang mengintegrasikan komunikasi real time. Sebetulnya, inti dari WebRTC dikembangkan sebagian besar menggunakan C/C++, namun developer yang hanya perlu menggunakan WebRTC tidak perlu menyelami lapisan terdalamnya, cukup menggunakan API Javascript.

Ketersediaan

Hari ini WebRTC telah tersedia di sebagian besar browser modern seperti Chrome, Firefox, bahkan Microsoft Edge. Sementara itu Apple masih dalam proses menambahkan WebRTC ke Safari.

Kita juga dapat mengambil WebRTC dan menempelkannya ke aplikasi yang dikembangkan tanpa memerlukan kehadiran sebuah browser.

Akses dan Media

Yang dilakukan oleh WebRTC adalah mengijinkan akses menuju perangkat keras. Kita dapat mengakses mikrofon, kamera di laptop atau handphone, bahkan layar (screen sharing). Kita dapat menangkap gambar yang ada di layar pengguna lalu merekamnya dari jauh.

Apapun yang dilakukan oleh WebRTC selalu terjadi secara real time sehingga memungkinkan interaksi secara langsung. WebRTC juga tidak terbatas untuk suara dan video saja. Kita dapat memanfaatkannya untuk semua jenis tipe data.

Alasan-alasan Mengapa WebRTC Pilihan Terbaik Untuk Komunikasi Real Time

  1. Pertama dan yang paling utama, WebRTC adalah proyek open source.
    1. Betul-betul gratis baik untuk penggunakan pribadi maupun komersial.
    2. Karena ia terus berkembang dan berevolusi, kita sudah siap untuk kematangan teknologi ini di masa depan.
    3. WebRTC merupakan pilihan yang sangat bagus karena ia sudah menciptakan sebuah ekosistem dimana ada banyak penyedia layanan dan perusahaan yang siap membantu menyelesaikan permasalahan yang ingin kita selesaikan.
  2. WebRTC asat ini sudah tersedia di browser dan sebagian besar browser modern telah mendukugnya
    1. Hal ini memungkinkan pembuatan produk dengan kasus dan bisnis model yang baru.
    2. Dari belajar Gitar sampai Yoga sampai menyelenggarakan Webinar professional, kita dapat menggunakan WebRTC untuk keperluan-keperluan tersebut.
    3. WebRTC tidak terbatas hanya di browser karena kita juga bisa membawanya ke aplikasi mobile.
      1. Source codenya portable dan telah dipakai di banyak aplikasi.
      2. SDK-nya telah tersedia untuk mobile dan embedded device sehingga kita bisa menggunakan WebRTC di manapun.
    4. WebRTC tidak hanya tentang suara atau video call.
    5. Kini kita dapat memakai WebRTC dan menambahkan fitur komunikasi dalam proses bisnis di dalam aplikasi atau bisnis kita.

Jadi, solusi apa yang kita miliki untuk mencapai tujuan-tujuan di atas selain WebRTC?

Ide seputar WebRTC dan apa yang dapat kita buat menggunakannya tak ada batasan. Jadi, buatlah produk yang diinginkan serta gunakan WebRTC di dalamnya.

Diterjemahkan dari What is WebRTC


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP