Mengenang Session Tinker Menggunakan Tinx Package di Laravel 5.5

Ditulis oleh Anugrah Sandi, dipublikasi pada 22 Nov 2017 dalam kategori Tutorial
Mengenang Session Tinker Menggunakan Tinx Package di Laravel 5.5

Ada yang lagi mengenang nggak? Mumpung suasana lagi hujan, jadi kita bahas tentang kenangan. Tapi kasus kali ini berbeda karena penerapannya dari sisi programming. Karena mungkin saja kenangan seorang programmer takkan terlepas dari codingannya, "mungkin yah".

Baiklah, pada kesempatan kali ini kita akan mengenang session penggunaan tinker dengan menggunakan tinx, dah uniknya lagi session tersebut dibuatkan shortcut secara otomatis sehingga anda tidak perlu panjang lebar mengetikkan kembali apa yang sudah anda lakukan sebelumnya. Keren bukan?

Laravel Tinx adalah package baru yang dibuat oleh Anders Jurisoo yang memungkinkan anda untuk mengembalikan session yang telah anda lakukan di tinker dan memberikan shortcut secara otomatis untuk melakukan beberapa hal, seperti mengambil record pertama menggunakan first(), menemukan record dengan find(), dan mencari data dengan search().

Baca Juga: Asgard CMS yang menggunakan Framework Laravel 5.5

Install Laravel Tinx

Laravel tinx adalah package yang mendukung fitur Laravel package discovery, sehingga anda tidak perlu mendaftarkannya secara manual. Langsung saja, untuk menginstall package tinx, jalankan command berikut:

composer require ajthinking/tinx

Apabila proses instalasi telah selesai, untuk menggunakan tinx cukup dengan command:

php artisan tinx

Sedangkan untuk mengembalikan session apa saja yang telah kamu lakukan dengan tinker, maka gunakan command:

re()

Baca Juga: Mengamplikasikan Full Text Search Dengan Mysql di Ubuntu

Tapi ingat, anda harus bekerja dengan dengan Tinker sebelumnya untuk dapat membuat session yang dapat digunakan oleh Tinx. Adapun opsi command lainnya yang dapat digunakan diantaranya:

reboot()
reload()
restart()

Kerennya terletak dimana? Saat dibuatkan shortcut secara otomatis. misal:

\App\User::get();

Maka akan dipersingkat menjadi
$u => untuk mengambil records pertama, sama saja \App\User::first();
u(1) => untuk mengambil records dengan id 1, sama saja \App\User::find(1);
u() => Untuk mengambil semua data, sama saja \App\User::get();

Dan masih banyak lainnya yang dapat kita explore menggunakan tinx. Adapun penggunaan lebih lengkapnya dapat anda pelajari langsung di official documentation : https://packagist.org/packages/ajthinking/tinx . Cukup sampai disini mengenangnya, jangan lama-lama karena udah baper eh laper. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat.

Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Promo potongan 10% untuk bergabung dalam kelas online Menjadi Web Programmer