waktu tersisa untuk klaim Potongan harga Rp 300.000 dalam program Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Michael Stonebraker, Kreator VoltDB, PostgreSQL dan Ingress

Ditulis oleh Ridwan Fajar, dipublikasi pada 11 May 2016 dalam kategori Tokoh
Michael Stonebraker, Kreator VoltDB, PostgreSQL dan Ingress - CodePolitan.com

Dilahirkan pada tanggal 11 Oktober 1943 di Newburry Port, Seorang pakar di bidang database menjadi salah satu tokoh kunci dalam pengembangan database di dunia yang berhasil mengurangi gap antara akademis dan industri. Dia adalah Michael Stonebraker, seorang pakar database yang berhasil menciptakan beberapa mesin database diantaranya, PostgreSQL, Ingres, VoltDB, Vertica, StreamBase Systems, dan SciDB. Michael meraih gelar sarjana teknik elektro di Princeton University (1965), meraih gelar magister of sciences dari University of Michigan di bidang teknik elektro (1967), dan berhasil meraih gelar Ph.D. di bidang ilmu komputer dan teknik dari University of Michigan (1971).

Michael meraih beberapa penghargaan bergengsi dari Association for Computing Machinery (ACM) dan penghargaan lainnya. Beberapa penghargaanya antara lain:

  • ACM System Software Award, 1992
  • ACM SIGMOD Innovation Award, 1994
  • National Academy of Engineering, 1998
  • IEEE John von Neumann Medal, 2005
  • Alan M. Turing Award, 2014

PostgreSQL merupakan sebuah database yang dikembangkan oleh Michael sewaktu masih bekerja di University of California at Berkeley (UCB). Saat Michael pun akan menjadi CTO di Informix Corp. Stonebraker memulai Postgres (nama pertama PostgreSQL) pada tahun 1986, sebagai proyek lanjutan dari Ingres yang sekarang dimiliki oleh Computer Associates. Ingres dikembangkan dari 1977 hingga 1985. Dengan menerapkan teori database relasional klasik, PostgreSQL menjadi wujud nyata bagaimana konsep relasional dapat bekerja di dunia nyata.

[caption id="attachment_9573" align="alignnone" width="700"]Michael Stonebraker, Ph.D. adalah pencipta VoltDB, PostgreSQL, Ingres, Vertica, SciDB, dan StreamBase System Michael Stonebraker, Ph.D. adalah pencipta VoltDB, PostgreSQL, Ingres, Vertica, SciDB, dan StreamBase System[/caption]

Postgres dikembangkan selama 8 tahun untk fase pertama. Saat itu terdapat berbagai macam fitur seperti rules, procedures, time travel, extensible types, dan konsep object relational. Setelah itu Postgres dikomesialisasi menjadi Illustra dan kemudian dibeli oleh Informix yang akhirnya dibeli IBM pada tahun 2001 dengan nilai $1 milyar. Sebelumnya pada tahun 1995, dua murid Michael yaitu Andrew Yu dan Jolly CHen, mengubah Postgres menjadi Postgres95. Akhirnya pada tahun 1996 hingga 8 tahun setelahnya, PostgreSQL dibuka menjadi open source dan semua energi tercurah padanya, hingga menjadi salah satu solusi database dengan banyak fitur yang mendukung enterprise.

Baca juga: 5 Website Interaktif untuk Belajar Database

Tidak hanya PostgreSQL, Michael juga tercata pernah membangun sebuah solusi database lainnya seperti Vertica untuk data warehouse, StreamBase Systems untuk mengelola data stream yang ditangkap oleh sensor dan video, VoltDB yang memiliki kemampuan high-throughput transaction processing, dan SciDB yang fokus pada penanganan data masif yang berasal dari data saintifik. Selain itu Michael merupakan salah satu tokoh yang tetap mempertahankan konsel relasional database di tengah gempuran gerakan "NoSQL".

Michael memiliki pesan penting bagi para ahli teori, "Pergilah ke dunia nyata sebentar saja dan selesaikanlah masalah yang ingin diselesaikan orang". Sehingga Michael menyampaikan pesan juga kepada anak muda sebagai berikut, "Saran saya kepada yang lebih muda adalah simpanlah ketidakyakinanmu dan lakukan saja apa yang ingin kamu lakukan. Dengan begitu kamu sudah naik Gunung Everest satu langkah saat ini"

Anda dapat mengikuti info terbaru tentang Michael Stonebraker di:

(rfs/acm/wikipedia/postgres)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP