MongoDB University, Belajar MongoDB Langsung dari Pembuatnya

MongoDB merupakan salah satu basis data NoSQL yang menawarkan fitur high performance, high availability, dan automatic scaling. Karena MongoDB merupakan salah satu basis data NoSQL maka kita tidak akan menemukan query SQL dalam MongoDB. MongoDB tidak menyimpan datanya dalam tabel seperti halnya aplikasi basis data SQL pada umumnya. Namun MongoDB menyimpan datanya dalam suatu dokumen yang strukturnya seperti JSON (dalam MongoDB disebut BSON). MongoDB pertama kali dikenalkan pada tahun 2009, lima tahun yang lalu. Saat ini MongoDB dikembangkan oleh perusahaan MongoDB Inc.

Sadar akan makin populernya MongoDB dikalangan pengembang web, MongoDB Inc. membuka MongoDB University. MongoDB University merupakan lembaga resmi miliki MongoDB Inc. untuk menyelenggarakan pelatihan MongoDB baik online maupun offline. Untuk kelas online, MongoDB tidak menarik bayaran dari peserta. Artinya kita dapat belajar MongoDB langsung dari pembuatnya, gratis. Tentu kesempatan ini tidak boleh kita lewatkan.

MongoDB University

Kelas online MongoDB dapat diakses melalui alamat https://university.mongodb.com/courses/catalog. Untuk informasi, tanggal 6 Januari 2015 akan dibuka kembali kelas pengenalan MongoDB untuk programmer Java, NodeJS, dan Python. Selain kelas pengenalan untuk ketiga bahasa pemrograman tadi, ada juga kelas pengenalan MongoDB untuk DBAs. Sedangkan untuk kelas menengah "Data Wrangling with MongoDB" dapat diakses melalui situs Udacity. Jika anda sudah pernah belajar tentang MongoDB dan ingin mengetahui lebih jauh penggunaanya dilapangan, tersedia kelas lanjutan MongoDB "Advanced Deployment and Operations".

Onlince Course Schedule MongoDB University

Kelas online MongoDB akan dilaksanakan selama tujuh minggu. Anda dapat mengikuti kelas online MongoDB dengan bermodalkan laptop/komputer, dengan sistem operasi Widows, Linux, maupun Mac OS X dan tentunya koneksi internet.

Setiap minggu akan ada materi baru yang disertai dengan quiz dan tugas mingguan. Quiz dan tugas mingguan ini akan menentukan nilai akhir bersama dengan ujian yang akan diselenggarakan. Jika mampu mendapatkan 65% nilai, kita akan diberikan sertifikat karena telah menyelesaikan kelas online MongoDB. Sertifikat ini hanya untuk menunjukan bahwa kita pernah mengikuti kelas online di MongoDB University. Jadi sertifikat ini bukanlah sertifikat profesional yang dapat kita gunakan di lingkungan kerja. Untuk sertifikat profesional, MongoDB University menyediakan ujian khusus untuk sertifikasi MongoDB Professional.

Pendaftaran kelas online masih terus dibuka, jika anda tertarik ingin belajar MongoDB langsung dari pembuatnya, silahkan langsung mendaftar di sini.

Tunggu apa lagi? jangan sia-siakan kesempatan untuk belajar MongoDB, mumpung gratisss.

Dilihat 2556 kali

Is this helpful?

Share This Post