Mudah Membuat Snippet Indah dengan Carbon

Berbagi merupakan salah satu kebiasaan baik yang harus dimiliki oleh seorang programmer. Dengan berbagi, kita bisa ikut berkontribusi bagi komunitas. Selain itu, denganb erbagi kita juga bisa mendemonstrasikan bahwa kita memiliki keterampilan/skill sesuai dengan apa yang kita bagikan.

Menulis merupakan cara berbagi yang paling umum. Melalui sebuah tulisan, seorang programmer bisa menjelaskan sebuah konsep baru, menjelaskan bagaimana membuat sebuah aplikasi atau sebuah fitur, bagaimana menerapkan sebuah library ke dalam project, atau bagaimana menyelesaikan suatu permasalahan yang sering mengganggu. Biasanya saat menulis, terutama bisa tulisan tersebut membahas secara teknis, programmer akan sering menyisipkan potongan kode atau lebih sering disebut dengan snippet.

Inilah Alasan Mengapa Seorang Programmer Jangan Terlalu Lama Duduk

Jika pembacapernah menulis di Codepolitan, pasti pernah menggunakan ``` untuk menyisipkan kode yang hasilnya akan seperti berikut:

class Codepolitan {
	public static void main(String[] args) {
		System.out.println("Halo Codepolitan!");
	}
}

Sistem seperti yang ada di Codepolitan atau CMS lain mungkin sudah cukup, tapi bagaimana jika kita ingin berbagi kode di sistem yang tidak memiliki fitur ini. Misalnya, bagaimana jika kita ingin berbagi kode di Facebook atau Twitter langsung tanpa mengarahkan ke situs lain (Pastebin, Github, dll.), apalagi jika kodenya tidak panjang. Solusinya adalah dengan menggunakan Carbon.

Carbon.now.sh

Carbon adalah sebuah aplikasi web yan gmemungkinkan kita untuk berbagi kode dengan tampilan yang bagus dalam bentuk gambar. Kode yang kita tulis diberikan frame juga syntax highlighter layaknya sebuah editor kode biasa.

Cara pemakaiannya sangat mudah. Pertama, buka situs carbon.now.sh dulu. Pilih color schema untuk editornya dan bahasa pemrograman yang kodenya akan kita tulis di dalam editor yang tersedia. Kemudian pilih warna latarnya dan klik tombol Tweet Image untuk membagikannya langsung ke Twitter atau Save image untuk mengunduh gambarnya.

Sekarang gambar tersebut bisa kita pakai untuk setiap tulisan yang kita buat baik di Twitter, Facebook, Codepolitan, atau blog pribadi pembaca.

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post