Next App 3.0 : Samsung Akan Fokus Development Tizen di 2016

Ditulis oleh Hadyan Palupi, dipublikasi pada 08 Aug 2016 dalam kategori Event
Next App 3.0 : Samsung Akan Fokus Development Tizen di 2016 - CodePolitan.com

Kamis, 28 Juli yang lalu Samsung menggelar event besarnya di Jakarta setelah sebelumnya juga diadakan di beberapa kota lainnya. Lihat: Samsung Tizen Developer Workshop Diadakan di 6 Kota. Event ini merupakan penutup rangkaian tour workshop yang diadakan berkat kerjasama Dicoding Indonesia, Dailysocial, dan Samsung Indonesia. Event ini dimaksudkan untuk membahas Sistem Operasi di device terbaru Samsung yang akan menyambangi Indonesia dalam waktu dekat ini. yaitu Samsung Tizen.

Tizen merupakan open source project untuk sistem operasi yang berbasis modifikasi Kernel Linux dan Runtime WebKit. Tizen dapat berjalan di perangkat smartphone, wearable ataupun compliance devices. Samsung sendiri sebagai salah satu vendor teknologi besar di dunia mempercayakan Tizen sebagai salah satu OS di beberapa jajaran device terbarunya.

Baca juga: Mengenal Sistem Operasi Tizen

Sebagai sambutan pembuka yang disampaikan oleh perwakilan dari Developer Evangelist Samsung Electronic Indonesia (SEIN), Bapak Dolly Surya Wisaka. Beliau menyampaikan bahwa pada event ini Samsung bekerjasama dengan DailySosial dan Dicoding Indonesia mengadakan acara next app 3.0. Event tahun ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya kini kita akan membicarakan secara tuntas OS Tizen sebagai OS yang dipilih oleh Samsung.

tz2

"Android merupakan OS yang bagus namun dari sisi Samsung sendiri ada banyak device samsung yang belum optimal dengan android contoh saja perangkat wearable seperti tv, kulkas, ac dan produk samsung lainnya. Kekurangan yang sangat mencolok adalah Android membutuhkan perangkat dengan spec yang tinggi yang sulit untuk di aplikasikan pada perangkat rumah tangga. Samsung dengan berbagai partnernya telah mendevelop sebuah OS yang mampu berjalan tidak hanya di mobile smartphone namun berjalan pula pada TV, kulkas, AC dan perangkat lainnya. yaitu OS TIZEN. Samsung kedepannya akan menggunakan OS ini sebagai operating system pada wearablenya karena OS ini mudah untuk didevelop, running smoothy dan memerlukan spec yang tidak terlalu tinggi karena kedepannya tentu Samsung akan bersaing di pasar IoT dan Samsung akan fokus pada perangkat base OS Tizen."

Ekspektasi Samsung pada event pengenalan OS Tizen ini ialah para peserta mampu menyerap ilmu sebanyak-banyaknya, mulai membuat aplikasi yang running di Tizen maupun memporting aplikasi yang telah dibuat untuk bisa running di Tizen karena Samsung dalam waktu dekat ini akan mengeluarkan device Tizen. Dalam Event ini juga diadakan kompetisi aplikasi yang pastinya telah disediakan reward bagi aplikasi terbaik tentu ada hal penting dibanding hadiah yang telah disediakan yaitu ilmu dna pengalaman yang didapatkan.

Baca juga: Create Applications or Games for Tizen OS

Event ini juga dimeriahkan oleh pemenang di next app 2.0 tahun lalu yaitu start up Kidalang, dimana diwakili oleh yusdi seorang game developer yang bercerita tentang kisahnya dari awal mengikuti acara hingga saat memenangkan acara next app 2.0 dengan game buatannya bersama timnya. Dan turut pula hadir Sidiq Permana seorang CIO of nusantara beta studio, google developer expert (GDE) in android serta Intel Android Software Innovator yang menyampaikan sebuah motivasi kepada para peserta mengapa penting menjadi developer yang baik.

Acara inti dari permulaan Next App 3.0 merupakan pengenalan secara mendalam sebuah OS Tizen oleh Tim SRIN (Samsung RnD Institute Indoensia). Mulai dari sejarah dan support Tizen kepada para developer hingga aplikasi native tizen yang di develop dengan bahasa C dan disampaikan oleh Gilang Mentari Hamidy (GMH)

tz3

Gilang Kusuma Jati dari SRIN juga menyampaikan bahwa saat ini beberapa perusahaan media mulai membangun aplikasinya menggunakan tizen diantaranya Detik.com, Kompas dan CNN. Diakhir acara disampaikan bahwa Samsung melalui tim SRIN dan SEIN akan terus mensupport dan memberikan arahan kepada developer yang belajar membuat aplikasi di OS Tizen ini dengan mengadakan : Samsung Indonesia Mengadakan Tizen Developer Code Night di 6 Kota. Untuk Jakarta, Tangerang dan Depok akan diadakan di tanggal 11 yang akan datang.



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.