Promo Member Baru 40%! Program Full Stack Membership! Hanya 3 Hari! Klaim Promo
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

NGO Go Digital Untuk Yayasan dan Perkumpulan di Indonesia

Ditulis oleh Feridi, dipublikasi pada 22 Feb 2016 dalam kategori Komunitas
NGO Go Digital Untuk Yayasan dan Perkumpulan di Indonesia - CodePolitan.com

Di era teknologi informasi ini, website menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh sebuah organisasi, karena dapat menunjang keberlangsungan organisasi tersebut supaya mudah dikenal dimasyarakat luas.

Kenapa harus Website ?

Dari berbagai peninjauan website dapat digunakan sebagai :

  • Alat pemasaran yang mudah dan murah
  • Sumber informasi yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun
  • Sumber informasi untuk Calon Relawan

Untuk menciptakan impact yang lebih besar dalam membangun dan memberikan aksi untuk perubahan bangsa kontribusi NGO Go Digital atau Organisasi Nonprofit / NGO  memiliki peran besar dalam membuat perubahan sosial di berbagai bidang. Organisasi yang dimaksud adalah organisasi yang terdaftar resmi sebagai Yayasan, Perkumpulan, atau Organisasi Masyarakat di Indonesia.

Apa saja yang NGO dapatkan di Program #NGO-GoDigital Ini?

Pada dasarnya, semua organisasi nonprofit terbuka untuk mendaftar di program #NGO-GoDigital. Namun akan ada proses verifikasi langsung oleh Google melalui Techsoup Asia, sehingga hanya NGO yang terverifikasi akan mendapatkan layanan pada program ini.

Melalui program #NGO-GODigital dapat membantu seluruh NGO yang ada di Indonesia untuk bisa memanfaatkan media online sebagai sarana informatif. NGO yang terdaftar akan mendapatkan Domain (.or.id), Hosting, Website (Optional), dan bantuan setup untuk Google For Non Profit.

[caption id="attachment_7813" align="aligncenter" width="700"]NGO Go yang didapat by feridi (codepolitan) Bisa di dapat dari mendaftar di #NGO-GoDigital[/caption]

NGO yang terverifikasi dan memenuhi syarat bisa mendapatkan produk bantuan dari Google for Nonprofit, yaitu Google Apps, Youtube for Nonprofit, dan hibah 10.000 USD untuk beriklan di Google Adwords. Alat-alat ini dapat membantu organisasi nonprofits menemukan donor dan sukarelawan baru, bekerja lebih efisien, dan pendukung untuk mengambil tindakan.

  • Semuanya GRATIS
  • Fitur yang didapatkan adalah seperti Free access to Google Apps, Google Ad Grants, dan Premium access to YouTube.
  • Setiap Anggota akan mendapatkan email seperti [email protected]

Domain gratis berlaku selama 1 tahun dan hosting selama 6 bulan, maka apabila sudah melewati batas waktu, NGO dapat melakukan perpanjangan dan melakukan pembayaran domain hosting sesuai standar harga di IDCloudHost.

Untuk domain or.id yang harus diperlukan adalah Kartu/Surat Identitas Penanggung Jawab yang masih berlaku (ex: KTP/SIM/Passport) Akta Notaris dan SK Kemenkumham atau NPWP Organisasi. Jika NGO yang didaftarkan sudah punya website, NGO Tidak perlu membuat website baru, website yang sudah dibuat tinggal dilakukan pemindahan Hosting dan Domain ke or.id.

Siapakah Techsoup Asia? Kenapa Organisasi saya harus diverifikasi oleh Techsoup?

Techsoup Asia adalah organisasi nonprofit yang menyalurkan donasi teknologi dari berbagai perusahaan seperti Google, Microsoft, Adobe, dll. Techsoup berperan sebagai lembaga kualifikasi untuk NGO yang ingin mengakses donasi. NGO yang terverifikasi di Techsoup bisa mendapatkan berbagai benefit dan donasi, salah satunya Google for Nonprofit.

Alur Pendaftaran

Daftar NGO Go digital by feridi (codepolitan)
  1. Mendaftar Akun dan NGO di Techsoup Asia [Informasi lengkap klik tab "Techsoup & G4NP" ], Mendaftarkan di Formulir Pendaftaran Program.
  2. Setelah terdaftar, NGO bisa melakukan order Domain (or.id) dan Hosting (Home Pro/Business Pro) di IDCloudHost dengan kode #NGO-GoDigital.
  3. Setelah melakukan Order Domain dan Hosting. Silahkan mengirim konten website ke  [email protected] dengan penyelesaian Website maksimal 2 Minggu waktu kerja.
  4. Setelah memvalidasi NGO Anda, Anda bisa Mendaftar dan Mengaktifkan untuk Google For Nonprofit menggunakan Token Anda.

Syarat dan Ketentuan

  1. NGO berbadan hukum dan terdaftar secara resmi sebagai Yayasan/Perkumpulan/Organisasi Masyarakat.
  2. NGO harus terdaftar di TechsoupAsia yang berperan sebagai lembaga kualifikasi.
  3. NGO yang terdaftar wajib menggunakan layanan (Domain dan Hosting) dari IDCloudHost.
  4. Memasang backlink menuju ke halaman #NGO-GODigital dan ikut mengkampanyekan program #NGO-GODigital.

Pendaftaran program ini akan berakhir pada 29 Februari 2016.

Unduh Proposal Program NGO Go Digital

Sumber : idcloudhost/ngo-godigital


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP

Artikel Lainnya